Sandiaga Uno Bahas Adaptasi UMKM dalam Resesi di Kalla Toyota Customer Gathering

Kamis, 29 Oktober 2020 - 22:05 WIB
loading...
Sandiaga Uno Bahas Adaptasi UMKM dalam Resesi di Kalla Toyota Customer Gathering
Kalla Toyota sukses menggelar customer gathering online untuk kali ke-22, Minggu 25 Oktober lalu. Salah satu pembicaranya Sandiaga Uno. Foto: Dokumen Kalla Toyota
A A A
MAKASSAR - Kalla Toyota sukses menggelar customer gathering online untuk kali ke-22, Minggu 25 Oktober lalu. Gelaran kali ini dirangkaikan dengan event Kalla Fair di atrium Nipah Mall , Makassar.

Tak hanya disaksikan secara offline, gelaran ini juga disaksikan secara online bagi pelanggan Kalla Toyota di wilayah Sulsel, Sulbar, Sulteng, dan Sultra. Kalla Toyota sukses merampungkan hingga 1.720 surat pesanan kendaraan (SPK) dari seluruh gelaran customer gathering online yang telah dilaksanakan sejak Mei 2020 hingga Oktober 2020 ini.

Customer gathering online kali ini mengangkat tema “Adaptasi UMKM dalam resesi”. Tiga narasumber membagikan pengalamannya, yakni Zumadi SM Anwar CEO Kalla Development & Construction, Rachmat Almu Arrif pelaku UMKM sebagai owner dari Browcyl Makassar, dan Sandiaga Uno entrepreneur skala nasional.



"Kami bangga dapat menghadirkan pembicara-pembicara hebat di gelaran customer gathering online kali ini. Apalagi, pembicara yang hadir ini sangat berpengalaman di bidangnya dan sesuai tema talkshow yakni adaptasi UMKM dalam resesi," ungkap Aswan Amiruddin, Marketing Manager Kalla Toyota , dalam rilisnya kepada SINDOnews, Kamis (29/10/2020).

Rachmat Almu memaparkan, pandemi COVID-19 ini mengakibatkan krisis yang cukup bisa dirasakan pelaku UMKM. Namun hal ini tidak menjadi alasan untuk tidak bertahan. Usaha yang dirintis selama delapan tahun ini, dibangun dari bawah. Hingga keberhasilan yang dicapai bukan tentang pemiliknya, melainkan orang-orang yang setia membantu di belakang. Strategi marketing juga harus dibangun agar tepat sasaran di konsumen.

“Kita harus survive, fight and win the battle. Kita harus memaksimalkan apa yang bisa kita bikin. Salah satunya dengan strategi bagaimana produk kita bisa dikenal di luar menggunakan reseller dan distributor,” ungkap Rachmat.

Zumadi SM Anwar juga menambahkan, kebutuhan utama masyarakat dalam resesi adalah kes. Pemerintah pun telah memberikan bantuannya, namun perusahaan juga ikut turut membantu. Hal ini yang mendasari hadirnya UMKM hunt yang menjadi bentuk bantuan dari Kalla Group .

Sementara Sandiaga Uno lewat sambungan jarak jauh bilang, adaptasi UMKM di tengah pandemi selalu menarik untuk dibahas. Anak-anak muda selalu berinovasi dan meilihat celah peluang untuk menjadi pemenang. Di antara seluruh aspek yang terkena dampak pandemi COVID-19 , ada juga yang dapat tumbuh secara positif, sepeti sektor kesehatan, sektor digital, sektor makanan, sektor pertanian, dan beberapa sektor lainnya.



“Karakter entrepreneurship yang ada di Sulawesi Selatan sudah menjadi saudagar- saudagar yang mendunia. Mereka tahan banting, dan berat dampak krisis multidimensi ini ternyata bisa disikapi dengan penuh optimisme. Krisis multidimensi ini juga membangkitkan kita untuk melihat apakah ada hikmah dibalik musibah,” pungkas Sandiaga.

Dengan spirit Semua Lebih Mudah, Kalla Toyota juga hadir memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam memiliki unit Toyota impiannya. Selain berkunjung ke dealer resmi, Kalla Toyota kini hadir dengan gebrakan baru, yakni kemudahan pelanggan dalam membeli Toyota dengan sistem digital melalui website kallatoyota.co.id.

Dengan sistem online, pelanggan akan memperoleh informasi mengenai harga berbagai unit Toyota unggulan. Selain itu, pelanggan juga akan mendapatkan informasi mengenai promo apa saja yang diberikan oleh wiraniaga resmi Kalla Toyota .
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1893 seconds (0.1#10.140)