alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gempa Susulan Masih Guncang Mamasa Siang Ini, Warga Diminta Tak Panik

Asrianto Suardi
Gempa Susulan Masih Guncang Mamasa Siang Ini, Warga Diminta Tak Panik
Gempa susulan masih mengguncang wilayah Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar). BMKG Wilayah IV Makassar mencatat, gempa susulan terakhir sekitar pukul 11:17 Wita, Senin (18/02/2019). Foto : Asrianto Suardi/SINDOnews

MAMASA - Gempa susulan masih mengguncang wilayah Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar). BMKG Wilayah IV Makassar mencatat, gempa susulan terakhir sekitar pukul 11:17 Wita, Senin (18/02/2019).

Gempa bumi ini terjadi pada koordinat 3.06 LS dan 119.6 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 kilometer Timur Kecamatan Pana, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat pada kedalaman 8 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Saddang yang berdekatan dengan pusat epicenter," tulis petugas BMKG IV Makassar.



Kata Dia, gempa bumi ini dirasakan di Mamasa III-IV MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami seba berada di wilayah pegunungan.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG," harapnya.

Meski tak berpotensi tsunami, gempa yang terjadi siang tadi cukup membuat warga panik. Mereka bahkan sempat berhamburan keluar rumah dan ruangan.

"Keras guncangannya. Barusan lagi ini gempa keras," kata Viktor, salah satu warga.

Gempa ini juga membuat siswa di sekolah SDN 001 Mamasa berhamburan keluar kelas, sebab pada saat gempa terjadi, prosea beljara mengajar sedang berlangsung. "Sementara anak-anak belajar langsung lari berhamburan keluar," tukas salah satu guru.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads