alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Universitas Hasanuddin Kembali Raih Akreditasi Internasional

Hasdinar BurhanUniversitas Hasanuddin Kembali Raih Akreditasi Internasional
Kampus Universitas Hasanuddin kembali meraih akreditasi internasional. Foto : Muchtamir Zaide/SINDOnews

MAKASSAR - Universitas Hasanuddin (Unhas), kembali meraih akreditasi Internasional oleh ASEAN University Network (AUN). Kali ini prodi yang meraih akreditasi tersebut yakni Program Studi Ilmu Kelautan Universitas Hasanuddin.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Hubungan Masyarakat (Humas) Universitas Hasanuddin, Ishaq Rahman menjelaskan, ASEAN University Network (AUN) baru saja mengumumkan hasil asesmen kualitas terhadap Program Studi Ilmu Kelautan Universitas Hasanuddin.

Prodi di bawah fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan ini dinyatakan memenuhi standar dan kriteria AUN Quality Assurance (AUN-QA).
"Dengan demikian, untuk tahun 2017 ini Universitas Hasanuddin telah membukukan tambahan tiga program studi baru yang terakreditasi internasional, setelah sebelumnya pada bulan September lalu Prodi Ilmu Hubungan Internasional (FISIPOL) dan Prodi Teknik Geologi (Fakultas Teknik) memperoleh status yang sama," kata dosen Hubungan Internasional ini, Kamis (7/12/2017).

Dengan hasil ini Universitas Hasanuddin total telah mencatatkan 7 (tujuh) Program Studi yang diakui dengan standar internasional. Tiga prodi yakni Program Studi Pendidikan Dokter, Teknik Sipil, dan Kesehatan Masyarakat sebelumnya mendapat akreditasi dari ASEAN University Network- Quality Assurance (AUN-QA)
Sedangkan Magister Manajemen mendapat akreditasi dari The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, a.21st century organization (ABEST21).

“Tahun ini kita sudah mengantongi empat prodi dengan akreditasi internasional, tiga sudah divisitasi, empat prodi diajukan divisitasi bulan Januari 2018,” jelas Ishaq.

Tiga program studi yang sudah divisitasi, yakni Ilmu Hubungan Internasional, Teknik Geologi, dan Ilmu Kelautan. Tiga prodi ini divisitasi oleh ASEAN University Network- Quality Assurance (AUN-QA).

Lebih lanjut ia menjelaskan saat ini, Universitas Hasanuddin sedang mempersiapkan lagi tiga program studi yang telah memperoleh persetujuan dari Sekretariat AUN-QA untuk penilaian standarisasi kualitas pada Batch-3, yaitu: Ilmu Hukum, Ilmu Kimia, dan Prodi Kehutanan.
"Menurut rencana, Sekretariat dan para asesor AUN-QA akan melakukan visitas dan asesmen lapangan di prodi-prodi tersebut pada awal tahun 2018 mendatang," jelasnya.

Diketahui, ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA) merupakan suatu metode standarisasi kualitas proses pembelajaran di perguruan tinggi yang didesain oleh jaringan perguruan tinggi Asia Tenggara. Asesmen ini diinisiasi pada tahun 1998.
Kementerian Ristek Dikti mengadopsi standarisasi AUN-QA sebagai salah satu indikator internasionalisasi perguraun tinggi dan program studi di Indonesia.

"Selain terus mempersiapkan akreditasi prodi, Universitas Hasanuddin juga merencanakan untuk naik ke level yang lebih tinggi, yaitu pemenuhan standar AUN-QA pada level institusi," pungkasnya.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
sindonews ads