alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Baru Rampung, Pembangunan Talud Gereja Katolik di Makale Roboh

Joni Lembang
Baru Rampung, Pembangunan Talud Gereja Katolik di Makale Roboh
Talud Gereja Katolik Stasi Memori Santo Petrus Tampo di Makale, Kabupaten Tana Toraja, roboh, Senin (18/02/2019) kemarin. Foto : Joni Lembang/SINDOnews

MAKALE - Pembangunan talud Gereja Katolik Stasi Memori Santo Petrus Tampo di Makale, Kabupaten Tana Toraja, baru saja rampung. Seketika roboh akibat hujan deras yang melanda Tana Toraja, Senin (18/02/2019) kemarin.

"Memang benar talud gereja roboh. Karena saya masih di Jakarta, saya meminta kepada umat dan Dewan Stasi segera melaporkan kejadian tersebut ke instansi terkait agar segera ditangani guna mencegah hal yang lebih parah terjadi," aku Pastor Paroko Makale, Albert Arina kepada wartawan.

Untuk diketahui, pembangunan talud tersebut menelan anggaran kurang lebih Rp992 juta dari APBD Tana Toraja. Mulai dikerjakan pada September 2018 lalu.



Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tana Toraja, Alfian Andilolo menyatakan telah menghubungi pihak rekanan untuk melakukan perbaikan pekerjaan. Dia menilai talud itu rubuh lantaran tidak mampu menahan pergerakan air yang cukup tinggi.

"BPBD Tana Toraja sudah menghubungi pihak rekanan untuk melakukan perbaikan pekerjaan yang roboh tersebut karena masih tanggungjawab rekanan," pungkasnya.

Dia menegaskan jika proyek pembangunan talud itu masih dalam tahap pemeliharaan sehingga masih menjadi tanggung jawab rekanan. Selain itu, biaya proyek APBD tahun anggaran 2018 itu belum sepenuhnya dibayarkan ke rekanan.

Hasil pekerjaan proyek itu juga belum diperiksa atau diaudit oleh Aparat Pengawasan Interen Pemerintah (APIP) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).



(bds)

Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads