alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kemenpan RB Nilai Pemkab Bantaeng Mampu Raih SAKIP Predikat B

Arisman Majid
Kemenpan RB Nilai Pemkab Bantaeng Mampu Raih SAKIP Predikat B
Bupati Bantaeng, Ilham Azikin menerima penghargaan dari Menpan RB, Syafruddin atas predikat SAKIP B yang diraih Pemkab Banteng pada penyelenggaraan SAKIP Award di Four Points by Sheraton, Makassar, Selasa (19/02/2019). Foto : Istimewa

BANTAENG - Bupati Bantaeng, Ilham Azikin berhasil mengantar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng meraih predikat B atas penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Apalagi dari sejumlah pemerintah daerah di wilayah III Indonesia, Pemkab Bantaeng satu diantara enam pemerintah daerah yang meraih predikat B. Lima diantaranya, Pemkot Makassar, Pemkab Bulukumba, Pinrang, Sinjai, Gowa dan Pemkab Luwu Utara.

Penghargaan ini diserahkan langsung Menpan RB, Syafruddin ke Bupati Bantaeng, Ilham Azikin pada penyelenggaraan SAKIP Award yang berlangsung di Four Points by Sheraton, Makassar, Selasa (19/02/2019).



"Tentu penghargaan ini menjadi kebanggaan kita semua, apalagi Bantaeng merupakan salah satu dari 6 Kabupaten/Kota yang meraih Predikat B untuk Sulawesi Selatan," ucap Ilham Azikin.

Sementara itu, Menpan RB, Syafruddin dalam kesempatan ini menjelaskan, jika penerapan SAKIP oleh 186 pemerintah daerah Wilayah III Indonesia berhasil menghemat anggaran hingga Rp6,9 triliun periode 2018.

Menurut dia, penghematan itu diperoleh melalui cross cutting program yang kurang sesuai, untuk kemudian dialihkan melalui refocusing program sehingga anggaran tepat sasaran.

"Melalui SAKIP, paradigma kinerja pemerintah diubah, bukan lagi hanya melakukan program yang dianggarkan, tetapi cara paling efektif dan efisien mencapai sasaran. Efisiensi atau penghematan yang berhasil dicapai dengan SAKIP, bukanlah kebocoran," terang Syafruddin.

Dia menambahkan, penerapan SAKIP memastikan anggaran hanya dipergunakan untuk membiayai program atau pun kegiatan prioritas yang mendukung pencapaian tujuan pembangunan.

"Olehnya itu, Kedeputian Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan (RB Kunwas) tidak habis-habisnya memberikan pendampingan kepada setiap pemerintah daerah guna menggelorakan perubahan di masing-masing daerah agar tata kelola kinerja seluruh kementerian/lembaga dan pemda, serta program programnya dapat berjalan secara tepat sasaran, efektif dan efisien," pungkas dia.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads