alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Rumah Dinas Pejabat Tana Toraja Dimanfaatkan Sebagai Kantor OPD

Joni Lembang
Rumah Dinas Pejabat Tana Toraja Dimanfaatkan Sebagai Kantor OPD
Ilustrasi/SINDOnews

MAKALE - Dua rumah dinas pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Toraja saat ini difungsikan atau dimanfaatkan sebagai kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terletak di Kelurahan Bombongan, Kecamatan Makale, Tana Toraja.

Dianggap tidak sesuai dengan fungsi, Ketua LSM Barak, Morning Z Taruktiku angkat bicara. Dia sangat menyayangkan rumah dinas tersebut tidak ditempati oleh pejabat.

"Sangat disayangkan sebagian rumah dinas di kelurahan Bombongan masih banyak kosong dan belum dihuni pejabat," ungkapnya, Selasa (19/02/2019).



Padahal rumah dinas itu selesai dibangun awal tahun 2018 lalu dengan menghabiskan anggaran kurang lebih Rp6 miliar. Saat ini rumah dinas itu ditempati sebagai kantor Inspektorat dan Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD).

"Ada sekitar empat unit rumah dinas yang dijadikan sebagai kantor sementara beberapa OPD. Sebenarnya itu sudah tidak sesuai peruntukannya," sambung Ketua Lembaga Control Analisis Temuan Rakyat Toraja (Catur), Alex Lolo Allo.

Dia menegaskan, pemanfaatan rumah dinas itu bukan untuk ditempati sebagai kantor pemerintah. Dia pun menyarankan agar OPD yang kantornya direnovasi untuk bertempat sementara di gedung gabungan dinas di kompleks kantor bupati.

"Ke depan jika ada kantor OPD yang akan direnovasi dan mengharuskan OPD yang bersangkutan pindah sementara,  sebaiknya jangan dipindahkan ke rumah dinas," tandas dia.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Tana Toraja, Damoris Sembiring sebelumnya membenarkan sedikitnya dua unit rumah dinas di kelurahan Bombongan dipakai sementara untuk kantor Inspektorat.

"Dua unit rumah dinas yang  difungsikan sementara sebagai kantor Inspektorat atas izin bupati dan statusnya pinjam pakai," akunya.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads