alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pejabat Pemprov Sulsel Akan Gunakan Kendaraan Dinas Sewaan

Mustafa Layong
Pejabat Pemprov Sulsel Akan Gunakan Kendaraan Dinas Sewaan
WAGUB SULSEL. Pemprov Sulsel berencana menfasilitasi pejabatnya dengan kendaraan dinas sewaan. Hal itu untuk menekan biaya perawatan kendaraan dan penurunan nilai aset. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) berencana menfasilitasi pejabatnya dengan kendaraan dinas sewaan. Hal itu untuk menekan biaya perawatan kendaraan dan penurunan nilai aset.

Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan, untuk menekan biaya pemeriharaan kendaraan, pemerintah tengah mengkaji sistem pengadaan randis tanpa pembelian kendaraan baru.

Pihaknya telah menyiapkan dua opsi, yakni pemberian insentif tunjangan transportasi atau penyewaan kendaraan dinas.



Metode itu mengacu pada sejumlah praktik yang tengah dijalankan sejumlah daerah lain. Namun sebelum benar-benar dilaksanakan, pemerintah masih terus melakukan pengkajian lebih mendalam.

"Ada metode baru yang sementara kita pikirkan, kita sementara studi ada di Surabaya dan kabupaten, penggunaan kendaraanya bagaimana, ada yang menyewa ada yang insentif dan lainnya. Tapi kita laporkan dulu sama Pak Gubernur," katanya, Selasa (19/2/2019).

Sudirman mengatakan, metode insentif atau sewa randis akan lebih menguntungkan keuangan daerah. Sebab tinggal mengalokasikan anggaran tertentu untuk transportasi pejabat tanpa menyiapkan biaya perawatan kendaraan yang cukup besar tiap tahunnya.

Koleksi aset bergerak seperti randis dianggap tidak menguntungkan secara ekonomi, apalagi nilainya tiap tahun akan terus menurun seiring bertambahnya usia randis tersebut. "Kita tidak perlu lagi pusing biaya perawatan, kemana rusaknya barang itu, dimana sekarang?. Ada hitungan ekonomi cost estimate comparison atau biaya perhitungan perkiraan dan perbandingan ketika dibeli, disewa atau insentif," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, banyaknya kendaraan dinas tua diklaim terus membebani keuangan Pemprov Sulsel untuk biaya perawatan.

Saat ini Biro Pengelolaan Barang dan Aset Daerah telah mengumpulkan ratusan kendaraan berusia di atas 7 tahun, dengan rincian 134 kendaraan roda dua dan 75 roda empat, dan 18 mobil dinas lainnya telah memasuki tahap persiapan lelang.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menegaskan seluruh kendaraan tua berusia di atas 7 tahun harus dilelang untuk mengurangi biaya perawatan.

“Lagian kita terlalu banyak kendaraan dinas. Jumlahnya harus dikurangi, ini untuk menekan biaya pemeliharaan kendaraan yang sangat besar,” jelasnya.



(kem)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads