alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Surat Suara untuk Calon Legislatif Tiba di KPU Palopo

Chaeruddin
Surat Suara untuk Calon Legislatif Tiba di KPU Palopo
Ketua KPU Palopo bersama unsur pemerintahan Palopo saat menerima surat suara untuk calon legislatif. Foto: Chaeruddin/SINDOnews

PALOPO - Kertas surat suara pemilihan anggota legislatif tiba di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palopo sekira pukul 14.00 Rabu, (201/02/2019). Kertas surat suara ini dibawa oleh kendaraan jenis truk kontainer dengan nomor polisi DD 8670 MQ.

Sepanjang perjalanan dari Kota Makassar hinga ke KPU Palopo surat suara ini dikawal oleh tiga orang pengamanan brimob bersenjata lengkap. Tiba di KPU Palopo, surat suara diterima langsung oleh komisioner KPU Palopo diantaranya, Ketua KPU Palopo, Abbas Johan, Iswandi Ismail, Adi Wijaya dan Jaya Hartawan.

Bersama Komisioner KPU, ikut pula dalam penerimaan kertas surat suara yakni, Wakil Wali Kota Palopo, Rahmat Masri Bandaso (RMB), Bawaslu Palopo, Wakapolres Palopo, Kompol Woro Susilo, Kepala Kesbangpol dan Linmas Kota Palopo.



Setelah memeriksa dan memastikan aman, Ketua KPU disaksikan Wakil Wali Kota Palopo dan Wakapolres Palopo membuka segel yang terpasang di truk kontainer termasuk segel plastik yang menyerupai kabel ties dengan pisau sangkur milik anggota TNI.

"Bisa kita periksa bersama terlebih dahulu, segel kertas aman dan segel plastik ini juga masih utuh, kita saksikan bersama dan mari kita buka segelnya dengan ucapan Bismillah," ujar Ketua KPU Palopo Abbas Johan. Setelah seluruh segel dibuka, petugas ekspedisi yang membawa surat keratas surat suara kemudian membuka pintu kontainer.

Selanjutnya, satu persatu kertas surat suara yang berada dalam kardus atau koli diangkut satu persatu dalam gudang milik KPU Palopo. "Total dari keseluruhan menurut pihak ekspedisi ini 664 koli, setiap koli diperkirakan beratnya 18 kilogram. Isi setiap koli ada yang 500 lembar, macam-macam, ada 254 lembar dan ada juga yang 117 lembar," ujar Ketua KPU Palopo.

"Untuk total lembar keseluruhan kertas suara untuk DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota berdasarkan dengan DPTHP2 yakni 109.504 sudah termasuk 2 persen atau cadangan," tambahnya.
Selanjutnya kata Ketua KPU Palopo, pihaknya akan mempersiapkan tahap sortir surat suara sekaligus pelipatan.

"Kita akan lihat SOP-nya dulu. Tadi malam kami sudah rapatkan dan membahas kapan kita mulai. Yang jelas penyortiran dan pelipatan tidak melibatkan staf, itu instruksi dari KPU Provinsi. Jadi kemungkinan kami pakai pihak-pihak keluarga sekitar KPU atau masyarakat. Tapi itu akan kami buatkan SOP nya lebih lanjut tentang bagaimana cara sortir dan pelipatan karena pelipatan ini diatur dalam PKPU tentang berapa kali lipat dalam satu kertas suara itu," sebut Abbas Johan.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook