Gelora Bung Karno Jadi Stadion Paling Favorit di Asia Tenggara

Jum'at, 08 Mei 2020 - 16:14 WIB
loading...
Gelora Bung Karno Jadi Stadion Paling Favorit di Asia Tenggara
Suasa Stadion Utama Gelora Bung Karno saat event Asian Games 2018. Foto: AFC
A A A
KUALA LUMPUR - Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) terpilih sebagai stadion paling favorit di Asia Tenggara berdasarkan jajak pendapat yang digelar konfederasi sepak bola Asia (AFC), Jumat (8/5/2020).

Dilansir dari laman AFC, GBK mengalahkan empat stadion lain yang masuk dalam nominasi. GBK memperoleh suara terbanyak dengan persentase 58%. Jajak pendapat ini dilaksanakan pada 4-7 Mei 2020.

Di posisi kedua, ada Stadion Bukit Jalil Malaysia dengan suara 19%, lalu Stadion Australia 11%, Stadion Rajamangala Thailand 8%, dan Stadion My Dinh Vietnam 4%.

"Stadion Gelora Bung Karno yang menakjubkan adalah arena utama dalam Kompleks olahraga Gelora Bung Karno di Jakarta Pusat. Dengan kapasitas 80.000, stadion ini terkenal sebagai salah satu tempat olahraga paling bersemangat dan unik," tulis AFC di lamannya.



Atap GBK yang memiliki julukan 'temugelang' adalah salah satu hal yang disorot AFC. Atap itu berbentuk oval dan menutupi seluruh tribun. Selain kegiatan keolahragaan, GBK juga kerap menjadi lokasi konser musik lainnya serta acara keagamaan dan politik skala besar.

Dalam laman AFC, dijelaskan bahwa GBK dibangun untuk menjadi tuan rumah Asian Games keempat pada tahun 1962, dinamai dinamai sesuai nama presiden pertama Indonesia pertama dan telah menjadi tuan rumah sejumlah turnamen sepak bola dan pertandingan internasional. Termasuk tiga kejuaraan atletik Asia, dan juga menjadi tuan rumah Asian Games pada 2018.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)