alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Diskominfo Sulsel Minta OPD Transparan ke Masyarakat

Tim Sindonews
Diskominfo Sulsel Minta OPD Transparan ke Masyarakat
Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Kominfo SP) Sulawesi Selatan Andi Hasdullah. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Kominfo SP) Sulawesi Selatan, meminta kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) transparan terhadap masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kominfo SP, Andi Hasdulllah menurutnya masih ada OPD yang menggunakan paradigma lama.

"Masih tertutup dan tidak memberikan informasi kepada masyarakat," katanya belum lama ini.



Hal ini mencuat saat menggelar Focuss Group Discussion (FGD) bersama Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) beberapa waktu lalu. Bahkan menurutnya PPID sangat penting untuk membantu OPD diseluruh daerah untuk menyebarkan informasi ke masyarakat.

Hasdulllah menjelaskan, saat ini keterbukaan informasi sudah harus dilakukan. Terlebih adanya aturan yang melatarinya dari Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008, Permendagri Nomor 3 Tahun 2017 serta menindaklanjuti.

Kemudian ditindaklanjuti dengan Pergub Nomor 115 Tahun 2017, tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi Pemerintah Prov Sulsel.

"Pemerintahan sekarang harus open goverment, good goverment," kata Andi Hasdullah.

Meski demikian, ia menekankan jika PPID juga harus memilah informasi yang harus di publis ke masyarakat dan tidak.

"Karena memang juga ada rahasia negara, sehingga PPID harus memilah informasi yang dipublis ke masyarakat," tukasnya.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads