Berat Badan Tetap Naik Walau Rutin Olahraga? Begini Alasannya

Minggu, 01 November 2020 - 07:20 WIB
loading...
Berat Badan Tetap Naik Walau Rutin Olahraga? Begini Alasannya
Ilustrasi. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Olahraga menjadi pilihan utama bagi beberapa orang untuk mendapatkan postur tubuh yang ideal, selain untuk menjaga kesehatan. Namun, tak sedikit pula yang mengeluhkan bahwa bobotnya tidak mengalami perubahan meski telah menjalankan rutinitas olahraga.

Banyak faktor yang memengaruhi kenaikan berat badan meski Anda telah berolahraga, jadi Anda tidak perlu khawatir. Berikut beberapa alasan yang dapat membantu menjawab rasa penasaran Anda tersebut sebagaimana mengutip Runners World.

Baca juga: Sunat Aman di Masa Pandemi, seperti Apa Protokolnya?

1. Pilihan Makanan
Makanan yang Anda makan memainkan peran utama dalam berat badan Anda. Mempertahankan pola diet yang tepat yang akan membantu penurunan berat badan dengan cepat. Perhatikan jumlah kalori yang dimakan dan kurangi asupan gula secara keseluruhan. Untuk mengerem rasa lapar, cobalah mengganti camilan yang tidak sehat dengan buah-buahan, biji-bijian dan pilihan makanan sehat lainnya.

2. Cepat Puas pada Hasil
Tantangan terbesar pada diet salah satunya adalah diri sendiri. Banyak orang di luar sana mudah puas ketika sudah mendapatkan hasil yang didapat. Ketika sudah mendapatkan berat badan ideal, orang cenderung meremehkan kembali hasil latihan dan merasa kembali dapat makan seenaknya.

Baca juga: Sulit Menjaga Berat Badan saat Liburan? Begini Trik Mengatasinya

3. Massa Otot Bertambah
Sebagian besar orang mengalami penambahan otot alih-alih menurunkan berat badan saat berolahraga. Hal ini dikarenakan otot Anda berbanding lurus dengan hasil latihan, terlebih jika berlatih berat. Massa otot yang makin meningkat ini tentu membutuhkan asupan kalori lebih, sehingga Anda makan lebih banyak. Maka, para ahli menyarankan agar Anda lebih sering melakukan latihan kardio dibanding latihan berat badan.

4. Retensi Motorik
Disarankan menghindari minum air putih tak berlebihan selama latihan karena tubuh Anda akan menahannya untuk melakukan proses penyembuhan alami tubuh. Minumlah air dalam jumlah yang lebih sedikit selama interval dan kurun waktu tertentu jika butuh.



5. Kurang Tidur
Siklus tidur yang tidak teratur dapat meningkatkan kadar kortisol tubuh. Kadar kortisol terbukti meningkatkan rasa lapar yang akan membuat Anda makan lebih banyak dari yang dibutuhkan. Usahakan Anda memiliki sirkadian dan siklus tidur yang baik sehingga Anda makan dengan teratur sesuai kebutuhan.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1787 seconds (0.1#10.140)