alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Saudi Akan Bebaskan 850 Tahanan India dari Penjara Kerajaan

Agus Nyomba
Saudi Akan Bebaskan 850 Tahanan India dari Penjara Kerajaan
Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) saat berkunjung di New Delhi. Foto: Istimewa

NEW DELHI - Arab Saudi akan membebaskan 850 orang India dari penjara, setelah memenuhi permintaan dari Perdana Menteri India Narendra Modi selama kunjungan Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) ke New Delhi.

Berdasarkan data Kementerian Luar Negeri India, penjara Saudi menahan jumlah terbesar orang India yang dipenjara di negara mana pun di luar negeri. Pada Januari 2019, 2.224 orang India berada di penjara di kerajaan karena kejahatan termasuk pembunuhan, penculikan, penyuapan, dan pelanggaran yang berkaitan dengan narkoba dan alkohol.

Sekitar 2,7 juta orang India di Arab Saudi membentuk komunitas ekspatriat terbesar di kerajaan, dengan banyak yang bekerja di pekerjaan bergaji rendah di sektor-sektor seperti konstruksi, layanan domestik, dan ritel yang ditolak Saudi.



"Atas permintaan Perdana Menteri Narendra Modi, Yang Mulia Putra Mahkota Arab Saudi telah memerintahkan pembebasan 850 tahanan India yang ditahan di penjara Saudi," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri India dalam sebuah tweet.

Pada hari Senin, Arab Saudi memerintahkan pembebasan sekitar 2.100 tahanan Pakistan dari penjara, menurut menteri informasi Pakistan.

MBS, penguasa de facto Arab Saudi, melakukan kunjungan ke saingan regional India awal pekan ini, sebelum terbang ke New Delhi.

Pada hari Minggu, Arab Saudi menandatangani perjanjian investasi dengan Pakistan senilai 20 miliar dolar. Di New Delhi pada hari Rabu, MBS mengatakan, ia mengharapkan peluang investasi bernilai lebih dari 100 miliar dollar di India selama dua tahun ke depan.

Tur Asia putra mahkota, yang akan mencakup China, dianggap sebagai bagian dari upaya untuk membantu membangun kembali reputasinya di luar negeri setelah pembunuhan Oktober lalu jurnalis Saudi Jamal Khashoggi, seorang kritikus kepemimpinan Saudi.

Para pejabat Saudi telah membantah tuduhan bahwa MBS memerintahkan pembunuhan Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul, dan telah menahan 11 tersangka sehubungan dengan pembunuhan itu.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook