Warga di Desa Harapan Malili Buang Sampah ke Laut

Minggu, 01 November 2020 - 15:07 WIB
loading...
Warga di Desa Harapan Malili Buang Sampah ke Laut
Kondisi pantai Lampia di Desa Harapan, Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur. Tampak sampah plastik berserakan di pantai yang tak jauh dari rumah warga tersebut. Foto: SINDOnews/Fitra Budin
A A A
LUWU TIMUR - Sampah tampak berserakan di sepanjang pantai Lampia, tak jauh dari pemukiman warga Desa Harapan Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur.

Salah seorang warga Desa Harapan, Iwan mengatakan, sampah tersebut merupakan sampah rumah tangga warga yang bermukim di sekitar pantai.

Iwan menjelaskan, sejumlah warga terpaksa membuang sampah ke laut karena tidak tersedianya tong sampah atau tempat penampungan.



" Sampah dedaunan kadang dibakar, untuk sampah plastik rumah tangga yang sulit untuk dibakar terpaksa dibuang ke laut untuk menghindari penumpukan," kata Iwan, Minggu (1/11/2020).

Oleh karena itu, Iwan berharap pemerintah Desa (pemdes) Harapan lebih memperhatikan kondisi ini dengan menyediakan tempat penampungan sampah.

"Kami berharap pemdes menyediakan tempat penampungan sampah untuk menghindari pencemaran laut akibat limbah masyarakat," harapnya.

Sampah tersebut kata Iwan juga berasal dari pengunjung dermaga Lampia. "Tidak ada tong sampah di dermaga, otomatis pengunjung akan membuang sampah ke laut dan terseret ke tepi dan menumpuk di sekitar pemukiman warga," bebernya.

Menurut Iwan, polusi laut akibat sampah plastik tidak hanya berdampak buruk terhadap lingkungan, tapi juga merugikan dari sisi ekonomi, sebab pendapatan warga dari sektor kelautan juga ikut berdampak."Harus dicari solusi yang tegas untuk mengatasi persoalan sampah plastik yang ada di laut," ujarnya.

Terpisah, salah satu nelayan lokal, Syarif, mengaku sering mendapati sampah yang mengapung di permukaan laut dalam jumlah yang banyak. Ia dan rekannya terpaksa harus melintas di atas sampah tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2204 seconds (0.1#10.140)