alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

IAIN Parepare Diharap Terus Cetak Alumni Berkualitas

Darwiaty Dalle
IAIN Parepare Diharap Terus Cetak Alumni Berkualitas
Suasana Rapat Senat Luar Biasa dalam rangka Wisuda I Tahun 2019, di Auditorium IAIN, Kamis (21/2/2019). Foto: Darwiaty Dalle/SINDOnews

PAREPARE - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Parepare, diharap bisa terus mencetak alumni berkualitas sebagai genarasi pelanjut bangsa.

Hal itu disampaikan Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Pendidikan Kamaruddin saat hadir pada Rapat Senat Luar Biasa dalam rangka Wisuda I Tahun 2019, di Auditorium IAIN, Kamis (21/2).

Wisuda tersebut, merupakan wisuda perdana pasca beralih status dari STAIN ke IAIN.



Wisuda dihadiri Direktur Jenderal Pendidikan Islam Prof Phil Kamaruddin Amin, Wakil Wali Kota Parepare Pangerang Rahim, serta ribuan orang tua dan keluarga dari para wisudawan.

Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin juga meresmikan penggunaan auditorium yang menelan anggaran Rp17,5 milliar, memberikan orasi ilmiah dengan tema Pengembangan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

Adapun, total alumni yang diwisuda hari ini sebanyak 532 orang dari empat Fakultas yaitu, Fakultas Tarbiyah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, baik dari program Sarjana maupun Pascasarjana.

Kamaruddin mengatakan, Indonesia memiliki karakter demografi yang sangat unik, potensial, dan memiliki potensi anak muda yang melimpah. Sehingga, kata dia, jika tidak dibina dan tidak ditingkatkan kualitasnya, maka tidak akan memberi dampak secara destruktif.

Namun, katanya, jika berhasil dibina dengan baik, melalui peningkatan pendidikan dan pemberian ketrampilan, maka mereka akan berkontribusi fundamental, yang dapat mengantarkan Indonesia menjadi negara besar pada masa yang akan datang.

"Tantangan dan tugas kita khususnya di Perguruan Tinggi, yaitu menciptakan generasi muda yang lebih berkualitas," jelasnya.

Kamaruddin menambahkan, dengan hadirnya auditorium baru tersebut, diharapkan dapat menjadi sarana untuk mencetak, memproduksi, anak-anak bangsa yang berkualitas. Terlebih, katanya, hal itu bukan akhir atau tujuan pendidikan, karena pendidikan merupakan proses untuk melahirkan anak-anak bangsa yang bermutu dan berkualitas.

"Kita berharap gedung ini dapat berkontribusi untuk mewujudkan hal tersebut. Karena ukuran kualitas sebuah perguruan tinggi, berada pada kemampuan dalam mencetak anak-anak bangsa berkualitas sesuai kebutuhan zaman," tandasnya.

Rektor IAIN Parepare Ahmad Sultra Rustan di depan para wisudawan berpesan untuk tetap menjaga almamater kampus yang akulturasi budaya Islam berbasis teknologi informasi tersebut.
"Perkenalkan lembaga kita ke masyarakat sehingga masyarakat dapat mengetahui lebih luas tentang IAIN Parepare,” katanya.



(agn)

loading...
Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads