Akhir Pekan di Pucak Maros, Begini Liburan ala Nurdin Abdullah

Minggu, 01 November 2020 - 20:15 WIB
loading...
Akhir Pekan di Pucak Maros, Begini Liburan ala Nurdin Abdullah
Nurdin Abdullah menanam bibit buah-buahan di Pucak, Kabupaten Maros, Minggu (01/11/2020)
A A A
MAKASSAR - Libur panjang atau long weekend mulai tanggal 28 Oktober sampai 1 November dimanfaatkan oleh banyak masyarakat untuk berlibur, begitu pun dengan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah yang menikmati akhir pekan di Pucak Maros .

Meski, sebelumnya, sebagian besar waktu dari libur panjang tersebut diisi dengan jadwal kerja, tapi Nurdin Abdullah berkunjung ke Desa Wisata Pucak , Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, pada hari Minggu (01/11/2020).

Liburan di Pucak Maros , orang nomor satu di Sulsel tersebut menanam bibit buah-buahan. Untuk pertanian dan kebun buah, daerah yang dapat ditempuh dari Makassar kurang dari 1 jam ini memiliki curah hujan mendukung, mata airnya banyak, sehingga lahan yang ada dapat dimanfaatkan.

"Saya kira di masa pandemi Covid-19 ini, salah satu yang bisa menopang ekonomi kita ke depan adalah sektor pertanian, kebetulan daerah ini adalah daerah yang sangat subur," kata Nurdin Abdullah .



Ia mencoba memberikan spirit dan mengajak masyarakat sekitar untuk menanam tanaman-tanaman yang bernilai ekonomi tinggi dan punya pasar jelas.

"Itu bisa dikembangkan di sini. dan juga sukun dari daerah lembah, disamping kita bisa memanen buah-buahan, juga berfungsi sebagai fungsi konservasi dan kita berharap ini juga menjadi taman buah nantinya sehingga masyarakat tidak hanya ke mal pada saat weekend," sebutnya.

Nurdin Abdullah menanam tanaman buah-buahan di kebun pribadinya. Bibit buah-buahan yang ditanam meliputi, pohon durian musangking, durian montong, durian lokal, rambutan, manggis, sukun, aneka macam bibit mangga, dan nangka. Hasil dari tanaman ini dapat dipetik dalam waktu 3,5 tahun.



"Jadi saya mengimbau kepada pada masyarakat seluruh Indonesia, bahkan Sulsel secara umum mari kita mengoptimalkan lahan yang kita miliki walaupun sejengkal, tetapi bisa memberikan nilai tambah bagi perekonomian keluarga," harapnya.

Menurut Nurdin Abdullah , perkebunan pribadi ini akan dijadikan sebagai perkebunan percontohan. Sebagai sarana pendukung, juga membangun bendungan penampung air di dalam lokasi perkebunan.

Ia juga dikenal hobi berkebun. Diharapkan, kebun pribadinya ini juga memberi manfaat kepada warga sekitarnya. Langkah ini juga diikuti warga sekitar. Semakin banyak warga Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, yang aktif menanam bibit pohon buah-buahan, mengikuti jejaknya.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2219 seconds (0.1#10.140)