Pilkada Selayar Ketat, Selisih Suara Diprediksi Tipis

Senin, 02 November 2020 - 05:35 WIB
loading...
Pilkada Selayar Ketat, Selisih Suara Diprediksi Tipis
Diskusi Bedah peta elektoral pilkada Kabupaten Selayar di Warkop Aleta Lt 2, Toddopuli, Makassar, Minggu (1/11/2020). Foto: SINDOnews/Muhaimin Sunusi
A A A
MAKASSAR - Pilkada Kabupaten Selayar diprediksi akan berakhir dengan selisih perolehan suara tipis antara pasangan calon penantang Zainuddin-Aji Sumarno dan petahana Muh Basli Ali-Saiful Arif.

Prediksi itu diungkapkan Direktur Eksekutif PT. Indeks Politica Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir dalam diskusi bertema “Bedah peta elektoral pilkada Selayar ” di warkop Aleta Lt 2, Toddopuli, Makassar, Minggu (1/11/2020).



“Berdasarkan hasil survei terbaru kami, jarak elektabilitasnya cukup rawan, ketat, dan undecided voter(belum menentukan pilihan) juga tinggal sedikit. Analisa kami, siapapun yang menang di antara kedua pasangan calon, jaraknya tidak akan jauh. Selisih tipis. Karena, biasanya undecided voter itu cenderung ke penantang,” kata Suwadi.

Berdasarkan survei IPI pada 13-25 Oktober lalu, pasangan Muh Basli Ali-Saiful Arif memperoleh elektabilitas 49,8 persen. Sementara elektoral penantangnya, Zainuddin-Aji Sumarno, sebesar 40,4 persen.

Dari 800 responden, hanya 9,8 persen yang belum menentukan pilihan atau merahasiakan pilihannya. Adapun margin of error survei ini sebesar +/- 3,4 persen.

Dia menjelaskan, sulit memprediksi siapa yang akan memenangkan pilkada Selayar . Sebab baik calon penantang maupun calon petahana sama-sama memiliki potensi.

Keduanya sama-sama menggandeng mantan rivalnya sebagai pasangannya. Saiful Arif dan Aji Sumarno sama-sama merupakan calon bupati pada pilkada 2015 lalu. Kala itu pasangan Muh Basli Ali-Dr Zainuddin keluar sebagai pemenang.

“Basli Ali selain unggul karena posisi sebagai penantang dan memiliki kekuatan finansial. Juga kuat di daratan karena baik Basli dan calon wakilnya sama-sama orang daratan. Sementara Dr Zainuddin sebagai mantan wakil bupati selain juga merupakan orang daratan, menggandeng Dr Aji Sumarno yang kuat di wilayah kepulauan,” jelasnya.

Kunci kemenangan di pilkada Selayar menurutnya ada tiga, yakni kemampuan merebut undecided voter, kemahiran menganalisis rentang margin of error dan kemampuan memaksimalkan geopolitik calon.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1805 seconds (0.1#10.140)