alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional di TPA, Ini Pesan Bupati Sinjai

Irman Bagoseng
Peringati Hari Peduli Sampah Nasional di TPA, Ini Pesan Bupati Sinjai
Bupati Sinjai saat memperingari hari peduli sampah nasional. Foto: Istimewa

SINJAI - Memperingati hari peduli sampah nasional (HPSN), pemerintah kabupaten Sinjai gelar apel di tempat pembuangan akhir (TPA) Tondong Desa Kampala Kecamatan Sinjai Timur, Jumat, (22/2/19).

Bupati Sinjai A Seto Gadhista Asapa yang memimpin apel dalam kegiatan itu, mengatakan pringatan HPSN tahun ini sengaja memilih TPA Tondong sebagai lokasi kegiatan apel, untuk menunjukkan dan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai kondisi dan permasalahan sampah yang ada di Kabupaten Sinjai.

"HPSN merupakan momen untuk menggugah kesadaran kita semua, untuk peduli dan melestarikan lingkungan agar lingkungan kita kedepannya juga dapat dinikmati oleh generasi yang akan datang, khususnya anak cucu kita dan masalah sampah ini merupakan tanggung jawab kita semua," ujarnya.



A Seto, juga mengajak masyarakat untuk mewujudkan bentuk kepedulian dengan mengurangi sampah dengan cara tidak menggunakan sampah plastik yang tidak ramah lingkungan.

"Melalui momen ini, saya mengajak kepada seluruh hadirin untuk menghidupkan bank-bank sampah di lingkungan masing-masing dengan bank sampah diharapkan bisa membantu meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar, karena di bank sampah masyarakat bisa menjual sampah-sampah rumah tangga yang bernilai ekonomis dan dapat didaur ulang," ujar Bupati Sinjai yang kesembilan itu.

Usai apel, Bupati menyerahkan sarana dan prasarana sampah kepada pegurus bank sampah mangrove Desa Tongke-Tongke Kecamatan Sinjai Timur.

Setelah menyerahkan sarana dan prasarana, ia melakukan peninjauan area TPA
Tondong, yang setiap harinya menampung kurang lebih 20 ton sampah.

TPA Tondong satu-satunya TPA yang dimiliki Kabupaten Sinjai, yang menampung sampah dari berbagai wilayah yang ada di Kabupaten Sinjai. Lokasi Area TPA Tondong diprediksi terancam penuh dalam dua sampai tiga tahun ke depan.

Menangapi hal yersebut, Bupati Sinjai mengatakan, saat ini kondisi TPA Tondong memang dalam keadaan hampir penuh.

Guna mengatasi hal tersebut, Bupati mengajak kepada seluruh pihak agar dapat mengurangi membuang sampah dengan cara mengelola sampah mulai dari sumbernya khususnya dari rumah tangga Rumah Sendiri agar tidak semua sampah dibawa ke TPA.

"Saya berharap agar Rumah Tangga juga bisa memilah sampah organik dan anorganik sebelum petugas Kebersihan membawa sampah ke TPA Tondong, dapat memisahkan mana sampah yang tidak berguna lagi dan sampah yang bisa di daur ulang kembali menjadi nilai ekonomis, dengan upaya ini bisa mengurangi sampah yang masuk ke TPA Tondong," ungkapnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads