alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pertama dalam 16 Tahun, Warga Palestina Beribadah di Tempat Ini

Kurniawan Eka Mulyana
Pertama dalam 16 Tahun, Warga Palestina Beribadah di Tempat Ini
MASJID AL AQSA. Untuk pertama kalinya dalam 16 tahun, warga Palestina pada hari Jumat (22/2) beribadah di area dekat gerbang Al-Rahma, yang terletak di kompleks Masjid Al-Aqsa. Foto: Istimewa

YERUSALEM - Untuk pertama kalinya dalam 16 tahun, warga Palestina pada hari Jumat (22/2/2019) beribadah di area dekat gerbang Al-Rahma, yang terletak di dalam kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur.

Ini adalah lorong gerbang dan tangga menuju ke aula yang telah ditutup oleh otoritas Israel selama bertahun-tahun dan dibuka kembali pada hari Jumat oleh para pejabat agama Muslim. Aula ini terletak tidak jauh dari Masjid Al-Aqsa itu sendiri.

Dilansir Aljazeera Sabtu (23/2/2019), otoritas Israel menutup daerah itu pada tahun 2003. Pada tahun 2017, sebuah pengadilan Israel menegakkan perintah penutupan.



Tetapi pada hari Jumat, Otoritas Wakaf Beragama, sebuah badan yang dikelola Yordania diamanatkan untuk mengawasi situs-situs suci Muslim dan Kristen Yerusalem Timur, mengumumkan pembukaan kembali masjid setelah 16 tahun.

Direktur Otoritas Wakaf Beragama Sheikh Abdul Azim Salhab membuka pintu aula, dan jamaah melakukan shalat Jumat.

Pada Senin lalu, pihak berwenang Israel menutup gerbang Al-Rahma, mencegah ratusan jamaah Palestina memasuki kompleks Masjid Al-Aqsa, situs paling suci ketiga Islam setelah Mekah dan Madinah.

Sebelumnya pada hari Jumat, polisi Israel menangkap 60 orang sebelum sholat Jumat di kompleks itu, di tengah ketegangan atas akses ke sudut kompleks masjid.

Juru bicara kepolisian Israel Micky Rosenfeld mengatakan kepada AFP bahwa penangkapan itu mengikuti "seruan untuk gangguan publik" pada Salat Jumat Muslim.

"Sebagai bagian dari persiapan polisi berdasarkan intelijen, polisi menangkap 60 tersangka yang terlibat dalam hasutan untuk melakukan kekerasan," katanya.

Polisi Israel meningkatkan kehadiran mereka di kompleks itu ketika ribuan jamaah Muslim berkumpul di situs suci itu, yang dikenal oleh orang-orang Yahudi sebagai Temple Mount dan bagi umat Muslim sebagai Tempat Suci.

Polisi Israel telah meningkatkan keamanan di seluruh kota tua Yerusalem yang bertembok untuk mencegah bentrokan, kata juru bicara kepolisian.

Kota tua itu berada di antara wilayah-wilayah yang direbut Israel dalam perang tahun 1967 dengan Yordania, yang mempertahankan peran penatalayanan di masjid.



(kem)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads