alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Peluncuran Virgin Galactic, Wisata Luar Angkasa Semakin Dekat

Kurniawan Eka Mulyana
Peluncuran Virgin Galactic, Wisata Luar Angkasa Semakin Dekat
Sebuah pesawat roket Virgin Galactic diberangkatkan ke tepi ruang angkas dengan seorang penumpang uji untuk pertama kalinya, Jumat (22/2/2019). Foto: Reuters

CALIFORNIA - Sebuah pesawat roket Virgin Galactic diberangkatkan ke tepi ruang angkas dengan seorang penumpang uji untuk pertama kalinya, Jumat (22/2/2019).

Hal itu mendorong perusahaan miliarder Inggris Richard Branson lebih dekat dengan tujuannya, yakni penerbangan suborbital bagi para wisatawan luar angkasa.

Instruktur astronot Virgin Galactic, Beth Moses, yang akan melatih wisatawan antariksa di masa depan, bergabung dengan pilot di atas pesawat SpaceShipTwo VSS Unity.



"Inilah yang harus kita lakukan di sini, kita di sini untuk menerbangkan orang di belakang pesawat ruang angkasa kita, itu saja," kata pilot David Mackay, yang sekarang menjadi astronot kelahiran Skotlandia pertama. "Jadi bagiku itu adalah langkah penting menuju operasi itu," lanjutnya, seperti dilansir Reuters, Sabtu (23/2/2019).

Pesawat pembawa WhiteKnightTwo lepas landas pada pukul 8 pagi waktu setempat (11:00 ET) dari Mojave Air and Space Port di California. Ini merilis pesawat SpaceShipTwo penumpang di ketinggian sekitar 44.000 kaki dan kemudian pesawat ruang angkasa itu berada 55 mil di atas Bumi.

Sebelumnya pesawat SpaceShipTwo terbang ke ketinggian lebih dari 51 mil pada bulan Desember 2018, menandai penerbangan manusia komersial pertama AS di luar atmosfer sejak akhir program pesawat ulang-alik Amerika pada tahun 2011.

Ratusan penonton, termasuk pemegang tiket Virgin Galactic dan CEO George Whitesides, berkumpul di padang pasir untuk menyaksikan uji terbang terbaru ini. Penerbangan ditunda sejak hari Rabu karena angin.

"Kami berada di tahun peringatan 50 tahun Apollo, dan sama seperti mereka harus melakukan setiap langkah," kata Whitesides kepada mereka.

Moses, sekarang wanita pertama yang terbang di atas kendaraan ruang angkasa komersial, menyebutnya "perjalanan yang tak terlukiskan".

Branson berlomba melawan pesaing seperti Blue Origin, bisnis luar angkasa pendiri Amazon.com Inc, Jeff Bezos, dan SpaceX dari Elon Musk untuk membawa wisatawan ke luar angkasa.

Branson mengatakan dia berencana menjadi penumpang pertama dalam penerbangan komersial pertama SpaceShipTwo pada pertengahan 2019.

Lebih dari 600 orang dari 58 negara, termasuk aktor Leonardo DiCaprio dan bintang pop Justin Bieber, telah membayar atau meletakkan deposit untuk terbang dengan salah satu penerbangan suborbital Virgin. Beberapa pemegang tiket Virgin Galactic telah menunggu lebih dari 14 tahun untuk perjalanan mereka.

Penerbangan 90 menit, yang memungkinkan penumpang untuk mengalami beberapa menit tanpa bobot dan melihat kelengkungan Bumi, dibanderol dengan harga $ 250.000. Whitesides mengatakan dia memperkirakan harga pada awalnya akan naik sebelum turun.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads