TOPIK TERPOPULER

3 Makanan Ini Bisa Bikin Lelahmu Hilang Setelah Liburan Panjang

Diana Rafikasari
3 Makanan Ini Bisa Bikin Lelahmu Hilang Setelah Liburan Panjang
Ginseng diyakini dapat meningkatkan kesejahteraan karena kandungan adaptogen yang dapat menyeimbangkan hormon penyebab stres. Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Doc

JAKARTA - Setiap orang pasti pernah merasa lelah yang bisa disebabkan karena banyak hal. Termasuk di antaranya setelah long weekend atau libur panjang. Kelelahan bisa disebabkan oleh faktor psikologis, fisik, atau gaya hidup. Setelah mengetahui penyebabnya, Anda dapat meningkatkan energi dengan beberapa cara.

Co-Founder Revvies, John Nolan-Neylan mengatakan, tahun ini memberikan tekanan besar pada tingkat energi baik secara mental, fisik atau bahkan finansial. Pandemi COVID-19 menjadi salah satu faktornya. Menurutnya, saat ini lebih penting untuk menyemangati diri sendiri dan melewati masa-masa sulit yang dialami.



Berikut tiga asupan yang bisa dikonsumsi untuk melawan kelelahan tanpa meminum minuman energi dilansir dari Express, Senin (2/11/2020).

1. Teh hijau
Terlalu banyak kafein akan membuat Anda kurang tidur dan merasa lebih lelah. Nolan-Neylan mengatakan, bahwa teh hijau tidak mengandung kafein sebanyak kopi. Namun, itu memiliki cukup untuk membuatnya efektif dalam mengurangi kelelahan dan meningkatkan kewaspadaan, berkat adanya asam amino yang dikenal sebagai L-theanine.

"Teh hijau tidak hanya akan menurunkan tingkat stres, tetapi juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur yang penting untuk memulai hari Anda dengan baik," kata Nolan-Neylan.

Baca juga: 5 Aneka Camilan Antigemuk yang Bisa Dinikmati Selama Long Weekend

2. Ginseng
Ginseng adalah tanaman yang tumbuh lambat dan salah satu pengobatan herbal paling populer. Produk ginseng lebih dari sekadar trendi, tetapi terbukti meningkatkan energi. Nolan-Neylan menjelaskan, bahwa ginseng diyakini dapat meningkatkan kesejahteraan dan telah terbukti membantu melawan kelelahan dan meningkatkan tingkat energi.



“Sebagai adaptogen, ia mendukung dan menyeimbangkan hormon stres, neurotransmiter, dan bahan kimia lain yang diproduksi tubuh Anda; ini membantu meningkatkan energi Anda saat Anda merasa lelah, dan juga dapat membantu Anda menenangkan diri saat Anda merasa sulit untuk rileks," jelasnya.

Baca juga: Kiat Hindari Berat Badan Bertambah saat Libur Panjang

3. Kiwi
Meningkatkan asupan magnesium diketahui membantu meningkatkan tingkat energi dan kiwi, khususnya, memiliki jumlah yang besar. Kiwi dapat dikonsumsi sendiri atau sebagai smoothie.

"Menurut University of Otago, mengonsumsi dua buah kiwi sehari dapat meningkatkan mood dan meningkatkan tingkat energi," ungkapnya.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!