alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

390 ASN Pemkab Mamasa Jalani Uji Potensi dan Kompetensi

Asrianto Suardi
390 ASN Pemkab Mamasa Jalani Uji Potensi dan Kompetensi
Bupati Mamasa, Ramlan Badawi memantau pelaksanaan uji potensi dan kompetensi ASN lingkup Pemkab Mamassa di SMAN Negeri 1 Mamasa, Sulbar, Selasa (26/02/2019). Foto : Asrianto Suardi/SINDOnews

MAMASA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamasa menggelar uji potensi dan kompetensi bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) pada jabatan pengawas dan administrasi tahap awal di SMAN 1 Mamasa, Sulbar, Selasa (26/02/2019).

Bupati Mamasa, H Ramlan Badawi turun langsung melakukan pantauan pelaksanaan uji potensi dan kompetensi didampingi Sekretaris Kabupaten (Sekkab), Frans Kila', Kepala Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Pendidikan (BKPP), Rahmat, dan Kapolsek Mamasa, Iptu Leo Paemba.

"Jika ASN Kabupaten Mamasa tidak memperbaiki kompetensi maka secara pribadi ASN tersebut akan tertinggal. Dan secara kabupaten, Mamasa akan tertinggal jauh dari daerah lain," kata Bupati Mamasa.



Menurutnya, uji potensi dan kompetensi ini akan melihat kualitas seluruh ASN. Seperti kemampuan pengetahuan, keterampilan, kecakapan, loyalitas, kewenangan dan tanggung jawab.

Apalagi UU nomor 5 tahun 214 tentang ASN dan PP nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen ASN mengamanahkan pemerintah daerah untuk melakukan pengembangan kompetensi jajaran ASN agar dapat melaksanakan tiga fungsi utamanya yakni, sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik dan sebagai perekat dan pemersatu bangsa.

"Pengembangan kompetensi pada saat ini menjadi sebuah keharusan bagi setiap ASN karena empat hal, yaitu perubahan paradigma pemerintah, cepatnya perubahan lingkungan strategis pemda, semakin tingginya harapan masyarakat akan layanan publik dan pesatnya perkembangan teknologi informasi," tutur Ramlan Badawi.

Sementara itu, Kepala BKPP Kabupaten Mamasa, Rahmat menambahkan, sedikitnya 390 ASN eselon IV akan mengikuti uji potensi dan kompetensi selama empat lamanya.

"Untuk uji potensi dan kompetensi eselon III akan digelar pada tanggal 5-8 Maret 2019 mendatang," tambahnya.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook