alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Amerika Pasang Badan Bela Filipina dari Ancaman China

Tim Sindonews
Amerika Pasang Badan Bela Filipina dari Ancaman China
Amerika Serikat (AS) berjanji membela Manila jika kapal-kapal mereka dihadang atau diserang China di kawasan Laut China Selatan. Foto : SINDOnews

MANILA - Amerika Serikat (AS) berjanji membela Manila jika kapal-kapal mereka dihadang atau diserang China di kawasan Laut China Selatan.

Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo dalam kunjungan ke Filipina bhkan berkomitmen untuk memastikan Laut China Selatan tetap terbuka untuk semua jenis navigasi dan bahwa China tidak menimbulkan ancaman dengan menutup jalur laut yang sibuk itu.

"Saya pikir seluruh dunia memahami bahwa pemerintahan Donald Trump telah membuat komitmen sejati untuk memastikan bahwa lautan ini tetap terbuka untuk keamanan negara-negara di kawasan dan dunia, terbuka untuk transit komersial," kata Pompeo saat melakukan konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Filipina, Teodoro Locsin Jr.



"Washington akan mendukung Filipina dan negara-negara lain di kawasan itu, sehingga jalur-jalur laut ekonomi yang sangat vital ini terbuka dan China tidak menimbulkan ancaman untuk menutupnya. Kegiatan pembangunan pulau dan militer China di Laut Cina Selatan mengancam kedaulatan Anda, keamanan dan, oleh karena itu, mata pencaharian ekonomi, serta AS," sambungnya.

Locsin Jr pada kesempatanya kemudian menyatakan bahwa dengan adanya jaminan AS, Manila merasa sangat percaya diri. "Kami percaya Anda (Pompeo," ungkap Locsin Jr, seperti dilansir Al Arabiya pada Jumat (01/03/2019).

Sementara itu, selain membahas mengenai Laut China Selatan, Pompeo mengatakan dia juga mengangkat pentingnya HAM, subjek yang sensitif di tengah tindakan keras anti-narkoba brutal Presiden Filipina, Rodrigo Duterte dalam dua dekade terakhir dengan Locsin Jr.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook