Rancangan Anggaran 2021 Dibahas Pekan Depan

Kamis, 05 November 2020 - 08:52 WIB
loading...
Rancangan Anggaran 2021 Dibahas Pekan Depan
Pembahasan rancangan APBD Pokok 2021 dilakukan pekan depan. Foto: Ilustrasi.
A A A
MAKASSAR - Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kota Makassar belum melaksanakan pembahasan rancangan APBD Pokok 2021 . Padahal tenggat waktu pembahasan kurang dari sebulan.

Koordinator Bamus DPRD Kota Makassar , Andi Suhada Sappaile mengatakan, pembahasan baru bisa dilakukan pekan depan. Setelah puncak peringatahan HUT Kota Kota Makassar yang jatuh pada 9 November mendatang.

"Secepatnya, dek, kita akan agendakan. Insha Allah, setelah ulang tahun kota itu tanggal 9, kami Bamus," singkat Andi Suhada kepada SINDOnews, Rabu (4/11/2020).

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 64/2020 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2021 , disebutkan pembahasan selambat-lambatnya harus rampung sebulan sebelum perpindahan tahun atau paling lambat akhir bulan ini seluruh pembahasan telah usai.

Meski demikian, Pemkot Makassar juga belum menentukan susunan pembahasan dalam sebulan ini melalui Bamus DPRD Kota Makassar . Rapat bamus baru akan direncanakan pada pekan depan. Itupun belum ada jadwal pasti.

Legislator PDIP ini melanjutkan, pembahasan tersebut telah diupayakan dipercepat. Namun dia tak ingin pembahasan tidak maksimal karena Pemkot Makassar masih disibuki urusan persiapan peringatan hari jadinya. "Karena lagi sibuk urus ulang tahun kota di DPRD acaranya," sambung Andi Suhada.



Sementara, Anggota Badan Penganggaran (Banggar) DPRD Kota Makassar, William Laurin memastikan penetapan rancangan APBD akan dituntaskan bulan ini. Banggar akan memastikan pembahasan PPAS nantinya akan dikebut setelah adanya kejelasan dari Bamus.

"Dengan kondisi kurang lebih sebulan ini semua akan dipacu, sehingga semua kegiatan APBD persiapan 2021 tuntas segera, sebelum batas waktu," katanya

Dirinya cukup optimistis hal ini bisa berjalan dengan baik. William berharap, kedepan tidak terjadi riak-riak antar eksekutif dan legislatif seperti pada rancangan APBD Perubahan 2020 sebelumnya.

"Intinya kami harapkan eksekutif dengan kami legislatif bersinergi dengan baik untuk menyelesaikan hal ini," ujar William.

Diketahui pemerintah kota juga telah melayangkan suratnya untuk memulai pembahasan sejak pekan lalu. Sisa menunggu keputusan dewan kapan rencana ini akan digelar.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.5010 seconds (0.1#10.140)