alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jelang Pemilu, Bawaslu Gowa Sebut Konflik Mulai Terjadi

Herni Amir
Jelang Pemilu, Bawaslu Gowa Sebut Konflik Mulai Terjadi
Konflik pemilu mulai muncul di Kabupaten Gowa. Sejumlah partai politik (parpol) melapor ke Bawaslu mengenai adanya perusakan alat peraga kampanye. Foto: SINDOnews/Ilustrasi

SUNGGUMINASA - Konflik pemilu mulai muncul di Kabupaten Gowa. Sejumlah partai politik (parpol) melapor ke Bawaslu mengenai adanya perusakan alat peraga kampanye.

Komisioner Bawaslu Gowa Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga, Juanto Avol mengatakan, perusakan semacam itu merupakan potensi konflik.

"Hari ini sudah terjadi. Ada pengerusakan alat peraga. Partai melaporkan kerusakan alat peraga. Itu adalah potensi-potensi konflik yang dapat terjadi secara horizontal," papar Avol, Senin (4/3/2019).



Dia mengatakan, potensi konflik Pemilu harus diakui ada. Potensi konflik ini bisa muncul sebelum pemilu, pada saat hari H, serta pascapemilu.

"Saya tidak bisa membayangkan kalau terjadi chaos. Pemilu kali ini adalah Pemilu partisipasitif, milik bersama. Potensi-potensi konflik bisa saja terjadi dalam pemilu," tandas Avol.

Avol melanjutkan, perhelatan Pemilu bukan hanya milik para peserta, tetapi juga milik rakyat. Untuk itu rakyat dinilai tak boleh dianggap sebagai objek. Rakyat harus berperan aktif, edukatif. Rakyat harus berperan sebagai subjek dan objek.

Avol juga menekankan, pentingnya pendidikan politik. Sebab arus informasi mengalir deras di era modern saat ini. Ia menilai perlunya upaya memerangi hoaks.

"Pendidikan politik itu penting. Kita lelah berhadapan dengan isu hoaks. Orang di luar sana bisa saja melakukan isu hoaks. Yang terdegradasi adalah masyarakat kita. Itu bahaya sekali. Ini bahaya. Power sosialisasi. Dia punya kekuatan sosial. Jadi pendidikan politik itu penting. Apalagi Sulsel masuk daerah rawan," tandasnya.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook