Dermaga Wisata Bakal Dibangun di CPI, Anggaran Capai Rp76 M

Jum'at, 06 November 2020 - 07:28 WIB
loading...
Dermaga Wisata Bakal Dibangun di CPI, Anggaran Capai Rp76 M
Pemprov Sulsel merencanakan pembangunan dermaga penyeberangan di kawasan Center Point of Indonesia (CPI). Foto: Sindonews/Muchtamir Zaide
A A A
MAKASSAR - Pemprov Sulsel merencanakan pembangunan dermaga penyeberangan di kawasan Center Point of Indonesia (CPI) . Proyek ini mulai dibangun tahun 2021.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sulsel, Muhammad Arafah menuturkan, proyek ini sudah diusulkan ke Kementerian Perhubungan. Penyiapan anggarannya diharapkan bisa diakomodir melalui APBN.

"Itu kita sudah usulkan. Sudah dibuat kajiannya, dan mudah-mudahan anggaran tahun depan bisa diberikan oleh Kementerian Perhubungan. Insya Allah tahun depan mulai dibangun dermaganya di CPI ," ucap Arafah kepada SINDOnews, Kamis (5/11/2020).

Kehadiran dermaga ini diharapkan mampu meningkatkan akses transportasi antarpulau. Khususnya untuk melayani angkutan transportasi laut seperti di pulau Pangkep, Selayar, hingga pulau Kalimantan.



Menurut Arafah, kehadiran dermaga di CPI ini juga untuk mendukung konektivitas ke ibu kota negara baru Indonesia yang dicanangkan di Kalimantan Timur. Disamping mendukung akses ke destinasi wisata.

"Jadi selain mendukung konektivitas ke ibu kota negara di Kalimantan Timur, juga diperuntukkan untuk pengembangan wisata kita. Untuk melayani transportasi ke pulau-pulau tujuan wisata," paparnya.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengaku, pembangunan dermaga di kawasan CPI dalam tahap perencanaan. Meski begitu, detail engineering design (DED) dermaganya sudah rampung.

Rencananya, dermaga tersebut mulai dibangun tahun depan. Lokasi pembangunannya tidak jauh dari Masjid 99 Kubah di CPI. "DED-ya sudah selesai. Pembangunan konstruksinya 2021," papar Nurdin yang ditemui usai kunjungan kerja di kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, kemarin.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1876 seconds (0.1#10.140)