alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

36 Negara Kecam Arab Saudi atas Pembunuhan Jamal Khashoggi

Kurniawan Eka Mulyana
36 Negara Kecam Arab Saudi atas Pembunuhan Jamal Khashoggi
JAMAL KHASHOGGI. Sebanyak 36 negara mengecam keras Arab Saudi atas pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi, seorang perwakilan PBB mengatakan Kamis (7/3/2019). Foto: Istimewa

ANKARA - Sebanyak 36 negara mengecam keras Arab Saudi atas pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi, seorang perwakilan PBB mengatakan Kamis (7/3/2019).

"Kami mengutuk dengan cara sekuat mungkin pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi, yang telah dikonfirmasikan Arab Saudi di konsulatnya di Istanbul," Harald Aspelund, perwakilan permanen Republik Islandia ke kantor PBB di Jenewa, mengatakan dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Kantor Berita Turki, Anadolu.

Aspelund mengatakan kematian Khashoggi menjadi penegasan perlunya melindungi wartawan dan untuk menegakkan hak kebebasan berekspresi di seluruh dunia.



Khashoggi, seorang jurnalis surat kabar The Washington Post, terbunuh tahun lalu di Konsulat Saudi di Istanbul.

Riyadh awalnya membantah berperan dalam pembunuhan itu tetapi sejak itu berusaha menyalahkan kematiannya atas operasi yang gagal yang dilakukan oleh agen-agen jahat.

Aspelund menuntut Arab Saudi, atas nama 36 negara, termasuk 28 negara anggota UE, untuk mengungkapkan semua informasi yang tersedia dan sepenuhnya bekerja sama dengan semua investigasi mengenai pembunuhan itu.

"Investigasi atas pembunuhan itu harus cepat; efektif dan menyeluruh; independen dan tidak memihak; dan transparan. Mereka yang bertanggung jawab harus dimintai pertanggungjawaban," tambahnya.

Aspelund mendesak Arab Saudi untuk mengambil langkah-langkah yang berarti untuk memastikan bahwa semua anggota masyarakat, termasuk pembela hak asasi manusia dan jurnalis, dapat secara bebas dan sepenuhnya menggunakan hak mereka untuk kebebasan berekspresi, berpendapat dan berserikat, termasuk online, tanpa takut akan pembalasan.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook