alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sudah Tiga Bulan Warga Maniangpajo Kesulitan Air Bersih

M Reza Pahlevi
Sudah Tiga Bulan Warga Maniangpajo Kesulitan Air Bersih
Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) rusak, Warga Kecamatan Maniangpajo Kabupaten Wajo kesulitan mendapatkan air bersih. Foto: Istimewa

WAJO - Warga Kecamatan Maniangpajo Kabupaten Wajo kesulitan mendapatkan air bersih. Pasalnya, sumber air dari program Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) sudah tiga bulan lamanya tak beroperasi.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Anabanua, Andi Darwin. Kata dia, dari dua sumber air di Maniangpajo, namun satu diantaranya mengalami kerusakan.

"Ada dua sumber air yang menyuplai kepada sekitar 400 pelanggan di Maniangpajo. Tapi sumber yang menyuplai ke 380 pelanggan rusak sejak Desember 2018 lalu," ujarnya.



Akibatnya, warga Maniangpajo khususnya Anabanua kesulitan mendapatkan suplai air bersih. Terlebih lagi sumber satu, yang menyalani 80 pelanggan tidak begitu maksimal mengalir.

"Sudah tiga bulan warga kesulitan mendapatkan air bersih. Kita berharap pemerintah ada solusi dari masalah ini," pintanya.

Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas Bina Marga, Cipta Karya, Jasa Konstruksi, dan Penataan Ruang Wajo, Ahmadi menyampaikan, telah mengetahui masalah air bersih tersebut. Hanya saja SPAM di Anabanua sudah intervensi tahun 2012 dan 2014.

"Sehingga pengelolaannya diberikan sepenuhnya kepada masyarakat setempat. Tapi tetap kita juga akan memperhatikan keluhan masyarakat," ujarnya.

Olehnya itu, di tahun 2019 ini akan melakukan pembangunan SPAM di Anabanua dengan anggaran dana DAK sebesar Rp448 juta.

"Jadi kedepannya dengan tambahan SPAM tersebut, akan menambah akses air minum bagi masyarakat khususnya di Anabanua," paparnya.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads