Pemkab Takalar Kembangkan Program Satu Kelurahan Satu Bank Sampah

Minggu, 08 November 2020 - 16:06 WIB
loading...
Pemkab Takalar Kembangkan Program Satu Kelurahan Satu Bank Sampah
Pemerintah Kabupaten Takalar mengembangkan program satu kelurahan satu bank sampah. Foto: SINDOnews/Herni Amir
A A A
TAKALAR - Pemerintah Kabupaten (pemkab) Takalar mengembangkan program satu kelurahan satu bank sampah . Program ini digalakkan sebagai kelanjutan dari gerakan masyarakat tangkasa na gammara (gematasamara).

Camat Pattallassang, Bachtiar Hasyim mengatakan, program ini memang dimulai dari Kecamatan Pattallassang, karena wilayahnya sebagai kecamatan ibu kota kabupaten.



Untuk itu, sosialisasi dimulai dari tingkat kelurahan dengan melibatkan imam kelurahan, kepala lingkungan bersama tokoh masyarakat, di mana kegiatan sosialisasi disertai dengan pembagian alat cuci tangan untuk lima masjid di Kelurahan Pattallassang.

"Alhamdulillah bersama Bapak Bupati, lurah, imam, kepala lingkungan, kita melakukan sosialisasi penanggulangan sampah sekaligus menggalakkan program satu kelurahan satu bank sampah ini," jelasnya, Minggu (8/11/2020).

Lebih jauh Camat Pattallassang menjelaskan, jika program satu kelurahan satu bank sampah ini, dilaksanakan dengan cara sampah yang masih layak untuk didaur ulang dikumpulkan pada satu pengepul.

Kemudian bank sampah yang sekretariatnya di Pasar Pattallassang tersebut akan membeli sampah dari pengepul dan dijual kembali ke Makassar.



"Saya mengajak seluruh masyarakat untuk ikut berperan aktif sebagai nasabah bank sampah ini. Dan seluruh lurah di Kecamatan Pattallassang saya instruksikan untuk bekerja sama dengan ketua bank sampah dalam hal penanganan sampah,"paparnya.

Selain mengurangi sampah, lanjut Camat Pattallassang, program ini juga diyakini mampu menciptakan lingkungan yang bersih dan masyarakat yang peduli karena sampah yang dikumpulkan bernilai ekonomi.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1493 seconds (0.1#10.140)