alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

2 Begal Sadis di Makassar Dituntut 17 Tahun Penjara

Vivi Riski Indriani
2 Begal Sadis di Makassar Dituntut 17 Tahun Penjara
Dua terdakwa begal sadis di Makassar usai menjalani sidang penuntutan di PN Makassar, Selasa, (12/03/2019). Foto: Sindonews/Vivi Riski Indriani

MAKASSAR - Jaksa penuntut umum (JPU) menuntut dua terdakwa begal yang menebas tangan korbannya hingga putus dengan kurungan penjara selama 17 tahun. Keduanya yakni Aco alias Pengkong (21) dan Firman alias Emmang (20) dituntut 17 tahun.

Keduanya dianggap terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana mengambil barang handphone milik Imran, mahasiswa Akademik Teknik Industri Makassar (ATIM) pada 25 November 2018 lalu.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa I Aco alias Pengkong dan terdakwa II Firman alias Emmang dengan pidana penjara masing-masing tujuh belas tahun penjara," ucap Jaksa penuntut umum Adri, saat membacakan tuntutan kedua terdakwa di Ruang Sidang Mudjiono Pengadilan Negeri Makassar, Selasa (12/3/2019).



Dalam tuntutannya, kedua terdakwa dianggap melanggar pasal 365 ayat 4 KUHP sesuai dakwaan primair Jaksa Penuntut Umum sebelumnya.

Hal-hal yang memberatkan sehingga Aco dan Pengkong dituntut 17 tahun penjara karena perbuatan keduanya dianggap meresahkan masyarakat. Terlebih, Aco tercatat sebagai residivis dikasus yang sama sementara Firman pernah ditahan dalam kasus penganiayaan.

"Perbuatan terdakwa dilakukan secara sadis hingga mengakibatkan saksi Imran cacat seumur hidup dan mengalami trauma serta ketakutan," tuturnya.

Sementara itu, dalam tuntutan hakim, dua terdakwa dianggap sopan dalam persidangan sehingga hal ini menjadi hal-hal yang meringankan dua pelaku begal yang merampas handphone merek Samsung J7 Prime itu dituntut belasan tahun.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook