alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pembangunan Rumah Sakit Batua Dianggarkan Rp49 Miliar

Hasdinar Burhan
Pembangunan Rumah Sakit Batua Dianggarkan Rp49 Miliar
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Danny Pomanto saat mengunjungi pembangunan Rumah Sakit Daya belum lama ini. Foto : Istimewa

MAKASSAR - Pembangunan Puskesmas Batua dianggarkan Rp49 miliar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pokok 2018. Pemkot dalam hal ini Dinas Kesehatan Kota Makassar berencana mengubah Puskesmas Batua menjadi rumah sakit umum daerah (RSUD).

Anggota Komisi C DPRD Kota Makassar, Mudzakkir Ali Djamil menjelaskan, jika anggaran renovasi pembangunan Puskesmas Batua yang menjadi salah satu proyek Pemerintah Kota Makassar di alihkan ke APBD Pokok 2018. Anggaran yang disiapkan untuk pembangunan tersebut sebesar Rp49 miliar.

Pasalnya, proyek pembangunan tahap pertama Puskesmas Batua yang digagas menjadi rumah sakit tersebut, tidak dapat rampung tahun 2017 ini akibat gagal tender. Padahal, Pemerintah Kota Makassar telah menyiapkan anggaran Rp30 miliar melalui dana Dana Alokasi Khusus di APBD Pokok 2017.



“Tahun ini kita anggarkan Rp49 Miliar khusus untuk pembangunan Puskesmas Batua. Anggarannya meningkat dari Rp30 miliar tahun 2017,” kata legislator Partai Keadilan Sejahtera ini.

Penambahan anggaran tersebut, jelasnya, disebabkan karena arah pembangunan Puskesmas Batua diupayakan untuk membangun skala rumah sakit umum daerah (RSUD) type C. Rumah sakit yang direncanakan dibangun dengan fasilitas canggih dan modern. Bahkan pada bagian puncak bangunan berlantai 10 ini, bakal dilengkapi dengan landasan helipad.

“Arah pembangunannya dari awal memang rumah sakit 10 lantai, lengkap dengan landasan helipad,” tambahnya.

Anggota Komisi D DPRD Makassar ini juga menuturkan bukan hanya Puskemas Batua yang bakal direnovasi sedikitnya ada sembilan puskemas yang mendapatkan dana bantuan renovasi. Dimana kesembilan puskesmas di Makassar ini mendapatkan anggaran yang bervariatif.

"Beda-beda anggarannya untuk sembilan puskesmas ini ada yang Rp2-10 Milliar, beda memang dengan Puskemas Batua yang mendapat bantuan pusat juga," ujarnya.

Muda sapaan akrabnya juga menyatakan, agar proyek tersebut tidak gagal lagi di tahun depan. Ia meminta Dinas Kesehatan secepatnya melakukan proses tender, dan pembangunannya segera dilakukan di tahun depan.

"Sebaiknya memang segera dibuka proses tender agar segera rampung, tidak dikejar waktu seperti tahun ini, gagal karena proses tender lama dan sisa waktu yang tidak cukup," tuturnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook