alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

SDF Sebut Pertempuran dengan ISIS Segera Berakhir

Kurniawan Eka Mulyana
SDF Sebut Pertempuran dengan ISIS Segera Berakhir
Para terduga pejuang ISIL berjalan menuju tempat penyaringan di mana mereka akan diinterogasi setelah meninggalkan Baghouz. Foto: Delil souleiman / AFP

DAMASKUS - Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung AS mengatakan pertempuran melawan Negara Islam Irak dan Levant (ISIL, juga dikenal sebagai ISIS) di Baghouz akan segera berakhir.

Asap hitam tebal terlihat mengepul dari perkemahan ISIL pada hari Rabu (13/3/2019), ketika serangan udara dan tembakan mortir menghantam Baghouz untuk malam ketiga berturut-turut.

SDF pimpinan Kurdi telah menyerang Baghouz, sekelompok kecil dusun dan tanah pertanian di tepi sungai Eufrat, dan sekitar 3.000 pejuang ISIL dan keluarga mereka menyerah sejak Senin.



Kino Gabriel, juru bicara SDF, mengatakan bahwa setelah serangkaian penyerahan diri, serangan terhadap ISIL "sama baiknya dengan berakhir".

"Operasi sudah selesai, atau sudah selesai, tetapi membutuhkan lebih banyak waktu untuk diselesaikan secara praktis," jelasnya, seperti dilansir Aljazeera, Kamis (14/3/2019).

Ketika suara tembakan dan tembakan terdengar dari perkemahan hari Rabu pagi, SDF mengatakan bahwa tiga wanita Yazidi dan empat anak yang ditahan oleh ISIL telah diselamatkan.

"Tujuan dari kemajuan kami adalah untuk meneror pejuang ISIL sehingga mereka menyerah, dan agar warga sipil keluar," kata Ali Cheir, seorang komandan SDF.

Baghouz adalah satu-satunya yang tersisa dari kekhalifahan ISIL, yang disebut setelah kehilangan kota-kota besar Mosul dan Raqqa pada tahun 2017.

Sejak Desember, sekitar 60.000 orang telah meninggalkan Baghouz, dengan sebagian besar dari mereka menuju kamp al-Hol.

Mengembalikan Baghouz akan menandai tonggak penting dalam kampanye melawan kelompok bersenjata, yang pernah menguasai hampir sepertiga wilayah Irak dan Suriah di bawah "kekhalifahan" yang dinyatakannya sendiri.

Serangan terpisah diluncurkan oleh pasukan yang berbeda di kedua negara akhirnya memaksa ISIL kembali ke Baghouz.

SDF mengumumkan operasi militer untuk membebaskan Baghouz pada bulan September, tetapi Kurdi mengatakan mereka menahan serangan penuh setelah menjadi jelas bahwa sejumlah besar warga sipil masih di dalam.

'Terbakar di neraka'
Di luar Baghouz, puluhan pengungsi duduk berkelompok di lapangan, sehari setelah ribuan orang menyerahkan diri kepada pasukan yang didukung AS.

Sementara lusinan orang terbunuh dalam bentrokan dalam beberapa hari terakhir, ratusan pejuang ISIL masih diyakini bertahan di kota tenda itu, siap bertarung sampai mati.

Kelompok bersenjata mengeluarkan video propaganda baru pada awal pekan ini, bersikeras pada klaimnya untuk kepemimpinan semua Muslim dan meminta para pendukungnya untuk menjaga iman.

"Besok, insya Allah, kita akan berada di surga dan mereka akan terbakar di neraka," Abu Abdul Azeem, ucap seorang anggota ISIL.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook