alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bangun 105 Ruas Jalan, Pemkot Makassar Kucurkan Dana Rp185 Miliar

Syachrul Arsyad
Bangun 105 Ruas Jalan, Pemkot Makassar Kucurkan Dana Rp185 Miliar
Dinas PU Makassar akan membangun sedikitnya 105 ruas jalan dengan menyiapkan dana Rp185 miliar. Foto: SINDOnews/Muchtamir Zaide

MAKASSAR - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, menganggarkan Rp186 miliar dari APBD 2019 untuk pembangunan total 105 ruas jalan di Kota Makassar.

Kepala Seksi Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas PU, Darlis menyebutkan, selain pembangunan jalan yang bersumber dari APBD, Pemkot Makassar juga kebagian anggaran dari pemerintah pusat untuk tujuan yang sama. Diantaranya, dari DAK senilai Rp11 miliar dan DID Rp12 miliar.

"Jadi ada dana yang bersumber dari pusat dan APBD. Konstruksi yang kita gunakan juga ini ada aspal dan betonisasi. Ini pembangunan jalannya tersebar di beberapa kecamatan," tutur Darlis kepada KORAN SINDO di kantornya, Kamis, (14/03/2019).



Khusus APDB, lanjut dia, mengakomodir pembangunan 105 ruas jalan. Dengan rincian 18 titik di Kecamatan Rappocini, 3 ruas jalan di Kecamatan Ujung Pandang, 6 titik di Kecamatan Makassar, 12 titik di Kecamatan Tallo. Selanjutnya di Kecamatan Bontoala 3 ruas jalan, dan 4 titik di Kecamatan Wajo.

Kemudian, 8 ruas jalan di Kecamatan Tamalanrea, 17 titik di Kecamatan Biringkanaya, 10 Kecamatan Manggala, Kecamatan Panakukang 4 ruas jalan. Lalu Kecamatan Tamalate 10 ruas jalan, dan tiga titik di Kecamatan Mamajang, serta 7 ruas jalan di Kecamatan Mariso.

"Semua usulan pembangunan jalan uang masuk tahun 2019 adalah kebanyakan usulan dari hasil musrenbang. Maupun kita lihat surat-surat yang masuk yang diusul langsung di dinas PU. Jadi hampir semua kecamatan mendapat alokasi anggaran," sebut Darlis.

Sementara, khusus anggaran dari pemerintah pusat melalui DAK dan DID hanya menangani masing-masing tiga ruas jalan di pada enam kecamatan.

"Kalau DAK 'kan pagunya memang tidak terlalu besar jadi cuma tiga ruas jalan. DID juga begitu, 3 ruas," sambungnya.

Dikatakan Darlis, pihaknya sudah memasukkan dokumen tender pembangunan jalan tersebut kedalam sistem aplikasi pratender unit layanan pengadaan (ULP). Saat ini pihaknya menunggu hasil kajian pokja ULP sebelum resmi ditender prosesnya.

Darlis menambahkan, secara umum kondisi jalan di Makassar sudah baik di atas 80%. Sisa kisaran 20% lainnya, sebut dia, hanya butuh pemeliharaan saja. Dia mengaku, tim pemantau jalan Dinas PU juga nanti akan menentukan titik ruas jalan yang akan mendapat perawatan jalan.

"Makanya kita lakukan peningkatan jalan. Jalan yang sudah ada dan dianggap mulai perlu ditingkatkan, ya dilakukan. Untuk menjaga kualitas jalan. Jangan nanti terlalu rusak baru kita perbaiki. Nanti cost-nya lebih besar," kunci dia.

Sementara Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PU, M Ansar mengatakan, berharap agar dokumen tender rampung pengkajiannya di tingkat pokja. Lalu segera diumumkan melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

"Kalau PU sudah selesai semua, ya. Cuma memang ditekankan SKPD harus serahkan dokumen dan data ke pokja ULP untuk dilakukan reviu atau kajian terhadap rencana tender," ujar Ansar.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads