alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Begini Asal Mula Penamaan Sop Saudara, Kuliner Lezat Khas Pangkep

Muhammad Subhan
Begini Asal Mula Penamaan Sop Saudara, Kuliner Lezat Khas Pangkep
SOP SAUDARA. Hampir semua daerah di Indonesia memiliki kuliner khas, tidak terkecuali Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan (Sulsel), yakni Sop Saudara Pangkep. Foto: SINDOnews/Muhammad Subhan

PANGKEP - Hampir semua daerah di Indonesia memiliki kuliner khas, tidak terkecuali Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan (Sulsel), yakni Sop Saudara Pangkep.

Sebagian orang yang baru mendengar nama Sop Saudara, akan bertanya-tanya, kenapa kuliner itu dinamai Sop Saudara?

Sop Saudara bukan saudara yang dijadikan sop, tetapi merupakan singkatan yang diberikan oleh pencipta kuliner tersebut.



Pemerhati budaya, M Farid Makkulau, menjelaskan, resep sop saudara pertama kali dibuat oleh warga Pangkep bernama Haji Dollahi, pada dekade 1950 an.

Menurut Farid, Sop Saudara merupakan akronim dari "saya orang Pangkep (sop), Saudara".

"Pertama kali dibuat oleh H Dollahi yang sekarang pemilik warung sop saudara di jalan Bandang Makassar," kata Farid.

Kini Sop Saudara menjadi salah satu identitas Kabupaten pangkep. Warga dan pendatang tidak sulit untuk menemukan penjual Sop Saudara di Pangkep. Bahkan kuliner ini bukan hanya bisa ditemui di Pangkep, tetapi juga di semua kabupaten di Sulsel dan beberapa daerah lain di luar Sulsel.

Ribuan warga Pangkep yang membuka Sop Saudara di seluruh daerah di Indonesia, berhimpun dalam organisasi Asosiasi Pengusaha Sop Saudara (APSOS) yang diketuai Syamsul Hamzah.

Setiap tahun para pengusaha sop saudara ini berkumpul dimomentum peringatan maulid di Kampung Sanrangan dan Tala-tala untuk merayakan maulid bersama kerabat dan warga Pangkep.

Salah satu penanda warung penjual Sop Saudara, adalah adanya alat panggang ikan di depan warung. Selain spanduk warung tersebut tentunya. Karena kuliner berkuah ini biasanya dinikmati bersama ikan bakar.

Kuliner berbahan utama daging dan jerohan sapi ini seolah wajib dihidangkan dalam hajatan warga dan sajian untuk tamu yang datang dari luar Pangkep.

Farid menambahkan, karena Sop Saudara terbuat dari rempah seperti jahe, lengkuas, pala, kayu manis, serai, garam dan daun jeruk maka untuk menikmatinya setiap rasa dari bumbu sop saudara dianjurkan untuk tidak menggunakan kecap terlalu banyak.

"Kalau ikan bakar, itu tergantung selera. Ikan bandeng boleh, ikan laut atau ayam juga tidak apa-apa. Cuma sambalnya, baiknya bukan sambal kacang karena rasa kacang dalam sambal itu mengurangi rasa kuah sop sodara dilidah," lanjutnya.

Selain ikan bakar, sop saudara biasa disajikan dengan nasi atau ketupat serta taburan bawang goreng dan daun bawang diatas sop saudara. Bagi yang pecinta makanan pedas, sop saudara yang disajikan panas akan lebih nikmat jika ditambah sambal tumis.

Pada 2013 lalu, Pemkab Pangkep juga menggelar Festival Sop Saudara dan meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia untuk kategori makan sop saudara terbanyak.



(kem)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads