alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Serangan Udara Suriah di Idlib, Jumlah Korban Sipil Bertambah

Kurniawan Eka Mulyana
Serangan Udara Suriah di Idlib, Jumlah Korban Sipil Bertambah
Korban tewas di provinsi Idlib barat laut Suriah meningkat menjadi 15, setelah pasukan pemerintah Suriah melancarkan serangan udara di daerah itu. Foto: Ahmet Rehhal/Anadolu

IDLIB - Korban tewas di provinsi Idlib barat laut Suriah meningkat menjadi 15, setelah pasukan pemerintah Suriah melancarkan serangan udara di daerah yang dikuasai pemberontak.

Pertahanan Sipil Suriah yang dikenal dengan White Helmet, mengatakan pada Kamis (14/3/2019), bahwa seiring dengan serangan artileri, pesawat-pesawat tempur Rusia menyerang Idlib pusat dan pinggiran pedesaannya, dengan empat serangan udara pada hari Rabu, yang mengakibatkan korban termasuk delapan anak-anak.

Dilansir Aljazeera, serangan itu melukai 49 warga sipil, menargetkan lingkungan al-Kaseeh, merusak bangunan tempat tinggal.



Menurut White Helmet, operasi pencarian dan penyelamatan sedang berlangsung.

Idlib dikendalikan oleh Hay'et Tahrir al-Sham (HTS), mantan afiliasi Al-Qaeda, yang pada hari Kamis bersumpah untuk pasukan pemerintah Suriah dan sekutu mereka, Rusia.

Pasukan pemerintah telah meningkatkan serangan terhadap benteng terakhir Baghouz yang dikuasai pemberontak sejak Januari 2019, meskipun berada di bawah "zona de-eskalasi" yang bertujuan menopang gencatan senjata.

September lalu, Rusia, bersama dengan Turki - yang mendukung kelompok-kelompok oposisi di Idlib, setuju untuk menciptakan zona demiliterisasi yang menahan serangan terhadap Idlib yang dijuluki "tempat pembuangan" bagi para pengungsi yang melarikan diri dari serangan pemerintah di bagian lain negara itu.



(kem)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads