alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tuding Hamas Luncurkan Roket ke Tel Aviv, Israel Serang Gaza

Kurniawan Eka Mulyana
Tuding Hamas Luncurkan Roket ke Tel Aviv, Israel Serang Gaza
Israel melancarkan serangan udara di Gaza, menargetkan bangunan yang digunakan oleh kelompok Hamas, Palestina, beberapa jam setelah tembakan roket di Tel Aviv. Foto: Mohammed Salem/Reuters

GAZA - Israel melancarkan serangan udara di Gaza, menargetkan bangunan yang digunakan oleh kelompok Hamas, Palestina, beberapa jam setelah roket ditembakkan di dekat Tel Aviv.

Serangan itu menimbulkan kekhawatiran akan meningkatnya eskalasi besar pada konflik Israel-Palestina.

Ledakan terdengar di Jalur Gaza Jumat (15/3/2019) pagi. Saksi-saksi Palestina mengatakan pesawat-pesawat Israel membom empat bangunan yang digunakan oleh pasukan keamanan Hamas. Tetapi tidak ada korban dalam seranganitu, karena pasukan keamanan Hamas, telah dievakuasi sebagai tindakan pencegahan.



Dilansir aljazeera, Jumat (15/3/2019), militer Israel mengatakan pihaknya menyerang "situs-situs teror" di Gaza, beberapa jam setelah mereka mengatakan dua roket diluncurkan dari daerah kantong di wilayah Tel Aviv.

Serangan udara terjadi di kota Gaza selatan Khan Younis, sekitar 25 km selatan Kota Gaza.

Penembakan roket ke Tel Aviv, yang pertama sejak 2014, menandai peningkatan yang signifikan yang meningkatkan kemungkinan pembalasan Israel yang keras.

Roket memicu sirene serangan udara di seluruh kota - sekitar 80km utara Gaza - yang merupakan ibukota komersial dan budaya padat penduduk Israel.

Ledakan terdengar di Tel Aviv dan saksi mata mengatakan rudal pencegat Iron Dome ditembakkan ke angkasa dan diledakkan - meskipun militer mengatakan tidak ada roket yang ditembak jatuh.

Naftali Bennett, menteri keamanan Israel, menuduh Hamas bertanggung jawab.

"Sudah waktunya untuk mengalahkan Hamas. Sudah waktunya untuk bertindak secara sepihak dan melumpuhkan Hamas untuk membela warga Israel," kata Bennett.

Pesawat-pesawat tempur terdengar terbang di atas kepala di Kota Gaza, asap dari ledakan dapat terlihat di kejauhan.

Hamas membantah bertanggung jawab atas serangan terhadap Tel Aviv. Mereka mengatakan, roket diluncurkan ketika sayap militer kelompok itu bertemu dengan para mediator Mesir untuk mencoba memperkuat gencatan senjata dengan Israel.

Jihad Islam dan Komite Perlawanan Rakyat, dua faksi bersenjata kecil di Gaza, juga membantah bertanggung jawab.

Brigadir Jenderal Ronen Manelis, juru bicara kepala tentara Israel, mengatakan para pejabat tidak mendapatkan peringatan sebelumnya tentang serangan itu dan berusaha untuk menentukan siapa yang menembakkan roket.

Israel menganggap para penguasa Hamas di Gaza bertanggung jawab atas semua tembakan keluar dari wilayah tersebut.

Peluncuran roket itu tidak menimbulkan kerusakan atau korban, tetapi itu "menggetarkan saraf" Israel menjelang pemilihan umum 9 April.

Netanyahu bergegas ke markas militer di Tel Aviv dan berunding dengan para pejabat senior militer.

Walikota Tel Aviv, Ron Huldai, mengatakan dia telah memerintahkan kota itu untuk membuka tempat perlindungan serangan udara publik, sebagai tindakan perlindungan.

Namun dia mengatakan tidak ada instruksi khusus dan mendorong warga untuk tetap pada rutinitas sehari-hari mereka.

"Lanjutkan hidup seperti biasa," katanya kepada Channel 10 TV. "Tenang, tapi waspada," lanjutnya.



(kem)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads