Tingkat Kesembuhan 94,5 Persen, Maros Kini Berstatus Zona Hijau COVID-19

Senin, 09 November 2020 - 20:17 WIB
loading...
Tingkat Kesembuhan 94,5 Persen, Maros Kini Berstatus Zona Hijau COVID-19
Tingkat kesembuhan capai 94,5 persen, Maros ditetakan sebagai wilayah zona hijau COVID-19. Foto: Ilustrasi
A A A
MAROS - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 telah menetapkan Kabupaten Maros sebagai wilayah dengan status zona hijau .

Status zona hijau ini diberikan lantaran jumlah kasus COVID-19 yang sembuh di Kabupaten Maros sangat banyak, yaitu mencapai 94,5 persen.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Maros, dr Syarif menuturkan, masuk dalam daftar zona hijau penanganan COVID-19, bukan berarti Kabupaten Maros telah bebas dari wabah yang berasal dari Wuhan ini.

Hanya saja, lanjut dia, penanganannya sudah cukup baik bila dibandingkan beberapa waktu lalu. Dia berharap masyarakat Maros jangan sampai lengah dengan peningkatan status tersebut.

"Memang kita sudah masuk dalam zona hijau penanganan COVID-19. Hanya saja, sebaiknya masyarakat jangan sampai lengah dan tetap menggunakan masker setiap beraktivitas di luar rumah. Dan yang paling utama tetap menjalankan protokol kesehatan," kata dr Syarif, Senin (9/11/2020).



Dia menjelaskan, tingkat kesembuhan memang tinggi yaitu mencapai 94,5 persen, tapi Kabupaten Maros belum bisa mengurangi penularan. Karena daerah perbatasan kabupaten kasusnya masih tinggi, sementara mobilitas masyarakat juga sangat tinggi.

"Itulah kenapa protokol kesehatan sangat penting untuk dilakukan. Dengan disiplin sampai kasus betul-betul tidak ada lagi," ujarnya.

Syarif merinci, saat ini masih ada jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 sekitar 30 orang dari total 665 warga Maros yang terpapar.

Sejauh ini jumlah kasus positif COVID-19 terbanyak berada di Kecamatan Mandai dan Kecamatan Moncongloe. Sementara kecamatan yang tidak memiliki kasus ada sekitar 8 kecamatan.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2214 seconds (0.1#10.140)