TOPIK TERPOPULER

Kelompok Tani di Seko Diberi Alsintan untuk Peningkatan Pertanian

Tim SINDOnews
Kelompok Tani di Seko Diberi Alsintan untuk Peningkatan Pertanian
Kelompok Tani di Kecamatan Seko mendapat bantuan alsintan untuk peningkatan pertanian. Foto: Istimewa

LUWU UTARA - Pemerintah Kabupaten Luwu Utara menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan), kepada tiga kelompok tani (poktan) di Kecamatan Seko.

Ketiga Poktan itu adalah Poktan Desa Padang Balua, Poktan Desa Embona Tana, dan Poktan Tanamakaleang. Bantuan diserahkan Pjs Bupati Luwu Utara, Muhammad Iqbal Suhaeb, dalam kegiatan “Sehari Berkantor di Kecamatan Seko” Selasa, (10/11/2020).



Baca Juga: Berkantor di Seko, Iqbal Suhaeb: Selain Alam Indah, Warganya Ramah

Alsintan tersebut berupa mesin pra dan pasca panen yang diberikan dalam rangka untuk menunjang produktivitas pertanian di tiga desa tersebut.

“Saya berharap dengan adanya bantuan alsintan ini mampu mendorong semangat petani untuk terus memajukan komoditi lokal yang memang menjadi unggulan di kecamatan ini,” kata Iqbal di hadapan para petani di Kecamatan Seko.

Untuk itu, ia berharap alsintan yang diberi bisa dipelihara dengan baik, sehingga menunjang produktivitas pertanian di Seko, utamanya padi.

“Jaga baik-baik komoditi lokal. Keterbukaan akses nantinya kita harap mampu membuat komoditi di sini menjadi semakin maju. Semoga ini bisa menjadi penyemangat kita semua di dalam meningkatkan produktivitas pangan dan pertanian kita,” harapnya.



Baca Juga: HUT Sulsel ke-351, Iqbal Sebut Perhatian Pemprov ke Luwu Utara Sangat Besar

Seko adalah salah satu kecamatan di Lutra yang memiliki banyak komoditi unggulan. Salah duanya, padi tarone dan kopi Seko. Bahkan tarone telah mendapat Tanda Daftar Varietas Tanaman Lokal dari Pusat Perlindungan Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian sebagai varietas unggul nasional bersama 7 varietas lainnya di Lutra, yakni banjara, bandarata, pare sale, remaja, tedeboe, jamborana, dan dambo.



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!