Begini 4 Perbedaan Manfaat Mandi Air Dingin dengan Air Hangat

Rabu, 11 November 2020 - 09:09 WIB
loading...
Begini 4 Perbedaan Manfaat Mandi Air Dingin dengan Air Hangat
Mandi air dingin atau air hangat memiliki manfaat masing-masing. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Bagi beberapa orang, tidak ada perasaan yang lebih baik daripada mandi air hangat. Tapi bisa jadi mandi air dingin lebih baik untuk kesehatan.

Mandi air dingin atau air hangat memiliki manfaatnya masing-masing, dan yang harus Anda pilih adalah tergantung pada manfaat apa yang Anda cari. Nah, berikut ini manfaat mandir air dingin atau air hangat bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Kesehatan
Meskipun mandi air dingin dengan cepat terlihat tidak membuat rileks, tapi bisa jadi membawa lebih banyak manfaat bagi kesehatan daripada mandi air hangat.

1. Berpotensi Membantu Menurunkan Berat Badan
Penelitian yang diterbitkan Journal of Clinical Investigation menunjukkan, orang-orang yang menghabiskan dua jam per hari mandi dalam suhu 18 derajat celsius akan kehilangan satu hinga dua pon selama enam minggu.

2. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
Sejumlah air dingin memicu respons stres tingkat rendah dari sistem kekebalan tubuh, yang membantu membangun ketahanan. Jadi ketika tubuh Anda diserang suatu penyakit, ia dapat merespons dengan lebih baik.

3. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut
Mandi dengan air dingin tidak akan menghilangkan minyak alami kulit dan rambut Anda. Air dingin membantu menutup pori-pori dan mengencangkan kulit. Tidak hanya itu, mandi dengan air dingin juga membuat rambut lebih lembut dan mencegah rambut rontok.

4. Melancarkan Sirkulasi Darah
Karena mandi air dingin membuat aliran darah lebih cepat ke seluruh tubuh Anda untuk menjaga suhu tubuh yang ideal, mandi air dingin bermanfaat dalam mengurangi peradangan dan berpotensi mencegah penyakit kardiovaskular.



Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan
Jika Anda merasa tidak dapat bersantai setelah hari yang melelahkan, mandi air hangat dapat membantu. Berikut ini beberapa manfaat mandi dengan air hangat:

1. Bisa Menjadikan Tidur LebihNyenyak
Penelitian telah menemukan bahwa mandi air hangat selama sekitar 20 menit dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Mandi air hangat membantu melepaskan ketegangan pada tubuh dan mengendurkan otot. Ini menyebabkan rasa lelah akan hilang dan membantu Anda tidur lebih nyenyak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)