alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Berdampak pada Sepakbola Indonesia, PSM Diminta Kejar Ranking di AFC

Muhaimin
Berdampak pada Sepakbola Indonesia, PSM Diminta Kejar Ranking di AFC
Para pemain PSM Makassar saat melawakukan selebrasi gol pada laga AFC Cup beberapa waktu lalu Foto: Istimewa

MAKASSAR - PSM Makassar menjadi satu dari tiga klub Liga 1 yang masuk dalam ranking klub AFC 2019. Dua lainnya yakni Persija Jakarta dan Bali United.

Masuknya PSM Makassar tak lepas dari keikutsertaan mereka di AFC Cup musim ini. Bersama Persija, Juku Eja mewakili Indonesia di turnamen Asia tersebut.

Soal posisi ranking, Persija tentu lebih baik. Sebab mereka sudah berpartisipasi di AFC Cup sejak 2018 lalu. Hasilnya, Macan Kemayoran masuk 100 besar ranking AFC 2019. Mereka menempati posisi 83 dengan koleksi 12.87 poin.



Disusul Bali United yang duduk di peringkat 105. Poin mereka tertahan di angka 6.88 lantaran skuat Serdadu Tridatu gagal kembali ikut serta di AFC Cup musim ini.

Sementara itu, PSM Makassar berada di urutan ke 140, mengalahkan 22 klub lainnya yang masuk dalam ranking AFC. Perhitungan poin Juku Eja baru dimulai tahun ini dan mengemas 3.54 poin.

Pengamat sepak bola nasional, Hanafing mengatakan klub ranking AFC ini sedianya cukup penting. Dan sangat berdampak besar bagi persepakbolaan Indonesia di kancah Asia.

Dia menjelaskan, jika PSM Makassar dan Persija terus menambah poin-poin mereka hingga mencapai ranking terbaik, maka kualitas kompetisi Liga 1 Indonesia juga diperhitungkan. Hasilnya, jatah Indonesia di turnamen Asia juga bertambah.

“Musim ini kita cuma ada satu tim di Liga Champions (Asia), itu pun babak kualifikasi. Serta dua jatah di AFC Cup. Tapi Andai peringkat Persija dan PSM terus meningkat, maka peringkat Liga 1 juga meningkat. Hasilnya, bisa jadi AFC memberikan Indonesia jatah langsung ke fase grup Liga Champions (Asia),” jelasnya.

Hanafing memberikan contoh dari J1 League yang merupakan kompetisi kasta tertinggi di Jepang. Kata dia, karena tim wakil Samurai Biru itu selalu berprestasi di ajang Asia, makanya AFC memberikan tiga jatah tim ke Jepang.

“Dua tim masuk fase grup dan satu babak kualifikasi ACL (Liga Champions Asia),” paparnya.

Instruktur pelatih PSSI ini menyebut, untuk menambah poin dan meningkatkan ranking di AFC, Persija dan PSM Makassar mesti berbicara banyak di AFC Cup musim ini. Sebab setiap hasil pertandingan memiliki tambahan poin.

“PSM langsung naik ke posisi 104 karena meraih satu kali menang dan sekali imbang. Jika ingin rankingnya terus naik, maka harus lolos dari fase grup dan meraih hasil maksimal di AFC Cup,” jelasnya.

Saat ini ranking AFC Liga 1 Indonesia memang tak bisa dibanggakan. Dari 40 negara, Indonesia berada di urutan ke-27 dan mengemas 6.033 poin. Kalah dari Myanmar, Singapura, Malaysia, Filipina, dan Thailand di kawasan ASEAN.

CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin menegaskan timnya memang sangat serius mengikuti AFC Cup. Selain karena baru pertama kali sejak 14 tahun lalu, turnamen Asia ini dinilai cukup bergengsi. Sampai harus mengorbankan Piala Presiden tahun ini.

Apalagi keikutsertaan PSM Makassar sama saja membawa nama Indonesia. Olehnya itu, Juku Eja dipatok berbicara banyak di turnamen Asia ini.

“Kita memang target bisa lolos dari babak penyisihan grup. Setelah itu, baru kita lihat peluang kita dan mematok target baru di AFC Cup,” kata Appi sapaannya.

Untuk peluang lolos dari fase grup, kans PSM cukup terbuka lepas. Melalui dua laga, pasukan Darije Kalezic meraih hasil menang dan imbang. Dan menempati urutan kedua klasemen Grup H AFC Cup.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads