Bupati Beri Beasiswa Rp1 Miliar untuk Mahasiswa Asal Maros

Rabu, 11 November 2020 - 13:24 WIB
loading...
Bupati Beri Beasiswa Rp1 Miliar untuk Mahasiswa Asal Maros
Bupati Maros Hatta Rahman. Foto: Istimewa
A A A
MAROS - Mahasiswa asal Maros patut berbahagia karena pemerintah kabupaten memberikan mereka beasiswa senilai Rp1 miliar tahun ini melalui dana hibah.

Penyerahan beasiswa tersebut dilakukan oleh Bupati Maros, Hatta Rahman kepada pengurus Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Indonesia (HPPMI) Maros sebagai lembaga penyalur.

Di depan para mahasiswa, Hatta Rahman yang didampingi oleh Kepala Bagian Keuangan, mengatakan jika bantuan beasiswa yang diberikan itu sebenarnya sudah sangat lama ia ingin serahkan. Hanya saja, dia mengaku terkendala dengan aturan yang memang tidak memperbolehkan pemkab memberikan beasiswa.



“Sebenarnya ini sudah sangat lama, tapi memang kita selalu terkendala dengan aturan. Saya sudah berkali-kali menyurat ke Kemendagri untuk bisa mendapatkan jawaban apakah hal ini memang diperbolehkan. Tapi sampai saat ini tidak diberikan balasan,” kata Hatta Rahman , Rabu (11/11/2020).

Olehnya kata dia, pemberian beasiswa itu dilakukan dalam bentuk dana hibah yang akan diatur pertanggung jawabannya oleh lembaga yang diberikan. Hanya saja, karena dalam bentuk hibah, dana itu tidak bisa lagi digelontorkan untuk tahun depan di lembaga yang sama.

“Yah kita sebenarnya mensiasati kebijakan saja dengan cara merubahnya menjadi dana hibah. Karena untuk hal lain seperti Bansos itu juga tidak ada aturannya untuk pemberian beasiswa . Tapi ini tidak bisa lagi HPPMI tahun depan dapat, yah mungkin lembaga lain lagi, sisa diatur saja,” lanjutnya.

Dengan bantuan beasiswa Rp1 miliar itu, Bupati Maros menyebut mampu mencover sekitar 700 orang mahasiswa dengan rincian perorangnya sebesar Rp1,5 juta. Ia pun berharap dengan adanya beasiswa itu bisa dipergunakan dengan baik oleh mahasiswa agar bisa lebih berprestasi.



“Yah kurang lebih 700 oranglah kalau mau dibagi Rp1,5 juta perorang dan Insyaallah 2021 akan saya tambahkan. Kita berharap, adik-adik mahasiswa ini bisa lebih rajin belajar dan bisa meningkatkan prestasi mereka biar menjadi pemimpin di Maros kelak,” ujar Hatta.

Ketua HPPMI Maros, Arialdi Kamal mengapresiasi kebijakan Bupati Maros yang telah merealisasikan anggaran beasiswa itu ke mereka. Pasalnya, sudah sejak lama mahasiswa Maros berjuang untuk mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Kabupaten.

“Yah ini adalah kado terindah buat kami di akhir periode bapak menjabat. Kami sangat mengapresiasi karena sudah merealisasikan apa yang telah kami perjuangkan selama ini. Anggaran ini tentunya akan kami manfaatkan sebaik-baiknya untuk biaya studi kami,” sebut Arialdi
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4159 seconds (0.1#10.140)