alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bidik Pasar Global UMKM, Ini Yang Dilakukan Pemkab Lutim

Fitra Budin
Bidik Pasar Global UMKM, Ini Yang Dilakukan Pemkab Lutim
Pemkab Luwu Timur (Lutim) menggandeng Etnik Galery untuk memasarkan produk UMKM daerah tersebut. Foto: Istimewa

LUWU TIMUR - Pemerintah Kabupaten Luwu Timur (Lutim), terus berupaya menembus pasar global untuk produk UMKM di wilayah tersebut.

Salah satu cara yang ditempuh yakni melakukan pendatanganan kerjasama dengan PT Mitra Dinamika Sejahtera (MDS) pada kegiatan Expo Galeri Etnik Nusantara (Gensa) di Mall WTC Matahari Serpong Tangeran Selatan, Banten yang di tandai dengan penempatan unit shop produk UMKM Luwu Timur.

Galery etnik nusantara adalah wadah untuk menampung segala hasil olahan para pelaku UMKM baik olahan pangan, industri kreatif, handycraf, budaya dan pariwisata, oleh karena itu, pemerintah kabupaten Tangeran Selatan menjadikan galery etnik nusantara ini sebagai bagian dari destinasi wisata untuk berbagai produk yang ada di seluruh Indonesia.



Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Luwu Timur (Lutim), Rosmiati Alwy, mengatakan, bahwa upaya yang dilakukan oleh Pemda Luwu Timur dalam bentuk menjalin kerja sama dengan PT MDS merupakan salah satu langkah strategis dalam upaya meningkatkan kapasitas produksi bagi pelaku UKM, Industri kreatif, kebudayaan dan kepariwisataan yang ada di Luwu Timur.

Upaya ini tentunya kata dia, sejalan dengan visi misi Bupati Luwu Timur dalam mewujudkan Luwu Timur Terkemuka 2021.

"Oleh karena itu kami berharap melalui kerja sama ini maka kran- kran informasi terhadap pemasaran dapat terbuka seluas luasnya kepada pelaku UMKM dan tentunya semangat untuk melakukan inovasi dan kemandirian dalam meningkatkan kapasitas produksi juga dapat meningkat secara global," harap Rosmiati.

Rosmiati menambahkan Luwu Timur merupakan salah satu daerah yang memiliki sejuta potensi dari berbagai sektor, baik sektor olahan hasil bumi, kelautan dan pertambangan yang kesemua itu lanjutnya tentu membutuhkan adanya kerja sama secara intensif guna mencapai kesejahtraan masyarakat secara umum.

Beberapa produk unggulan akan menjadi primadona bagi segenap pengunjung, diantaranya, kripik pisang tanduk, lada bubuk, bagea sagu, olahan krispy ikan pangkilan serta terasi bubuk bakar, hasil kerajinan Teduhu asal Nuha dan peralatan dapur berupa lesun dan cobe-cobe dari Kawata.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook