alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak Majelis Hakim

Sindonews
Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak Majelis Hakim
Terdakwa kasus penyebaran informasi bohong, Ratna Sarumpaet kembali disidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (19/03/2019). Foto : Dok/SINDOnews

JAKARTA - Kasus penyebaran informasi kebohongan yang melibatkan terdakwa Ratna Sarumpaet kembali bergulir di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Selasa (19/03/2019).

Eksepsi yang diajukan terdakwa pada persidangan ditolak Majelis Hakim.

"Mengingat Pasal 143 dan pasal lain yang bersangkutan mengadili, satu, menolak eksepsi penasihat hukum terdakwa atas dakwaan jaksa penuntut umum untuk seluruhnya," ujar Hakim Ketua, Jhoni di PN Jakarta Selatan.



Hakim Ketua Jhoni menyebut bahwa surat dakwaan yang disusun oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah disusun dengan cermat, jelas, dan lengkap.

"Dua menyatakan surat dakwan JPU nomor perkara PDM-21/JKTSEL/21 Februari 2019 disusun secara cermat, jelas, dan lengkap," jelasnya.

Majelis hakim pun memerintahkan proses sidangan tetap berlanjut dan menangguhkan biaya perkara ke terdakwa Ratna Sarumpaet hingga putusan akhir.

"Oleh karena proses perkara dilanjutkan, majelis hakim memperbolehkan JPU menghadirkan saksi dan bukti-bukti," katanya.

Sidang ini pun kemudian ditunda selama satu pekan dan akan kembali dilaksanakan pada Selasa (26/03/2019) dengan agenda pemeriksaan saksi.

Sebelumnya, Ratna menjadi tersangka karena menyebarkan informasi bohong dengan mengaku dianiaya oleh sejumlah orang di Bandung, Jawa Barat pada Selasa, 21 September 2018. Namun, polisi menemukan pada tanggal itu Ratna sedang dirawat usai operasi plastik di Jakarta.

Akibat ulahnya, Ratna disangka melanggar Pasal 14 Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 juncto Pasal 45 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif