Formasel Ajak Milenial Tak Golput saat Pilkada 2020

Rabu, 11 November 2020 - 16:57 WIB
loading...
Formasel Ajak Milenial Tak Golput saat Pilkada 2020
Formasel menyoroti partisipasi kalangan milenial saat pilkada. Data yang dipegang Formasel saat pilkada 2018, pemilih milenial mendominasi jumlah pemilih yang golput. Foto: SINDOnews/Vivi Riski Indriani
A A A
MAKASSAR - Kalangan milenial memiliki sumbangsih suara yang cukup besar dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di sejumlah kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

Peran mereka dalam setiap perhelatan pesta demokrasi, lantas menjadi sorotan Lembaga Pengawasan Publik Forum Mahasiswa Sulawesi Selatan (Formasel).

Ketua Formasel, Rahmat H Amahoru mengatakan, angka golput , atau masyarakat yang tidak menyalurkan hak pilihnya pada pilkada 2018 lalu cukup besar dan perlu ditekan. Warga yang golput itu, didominasi kaum milenial .



"Ada apatisme di kalangan pemuda, itu yang kita ingin ubah. Setidaknya menumbuhkan partisipasi kalangan milenial dan mahasiswa," kata Rahmat.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Bosowa 45, Ruslan Ranggong membedah peran milenial dalam pilkada serentak 9 Desember mendatang.

Dia mendefinisikan istilah milenial . Kata dia, milenial cenderung diartikan sebagai seorang pemuda atau pemudi yang berusia antara 15 sampai 22 tahun.

Merujuk dengan istilah itu, menurut Ruslan, milenial cenderung memiliki karakter yang tidak mudah percaya, tidak mau diatur sehingga kadang memilih untuk tidak terlibat dalam politik elektoral.



Hal ini tentu saja sangat disayangkan, pasalnya di era kemerdekaan, pemuda kala itu justru begitu aktif terlibat dalam politik. Proklamasi dan terpilihnya Soekarno sebagai Presiden pertama, kata dia tidak bisa dipungkiri adalah andil besar pemuda.

"Inilah seharusnya menjadi evaluasi, jika kemudian milenial sekarang cenderung menjauh dari politik elektoral. Tentu karena mindset, sehingga benar-benar harus diubah," ujar dia.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9052 seconds (0.1#10.140)