alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kunjungi Sulbar, Mufidah JK Sebut Industri Mikro Terkendala Modal

Asrianto Suardi
Kunjungi Sulbar, Mufidah JK Sebut Industri Mikro Terkendala Modal
MUFIDAH JK. Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Mufidah Jusuf Kalla, menghadiri pameran produk Dekranas Daerah Sulawesi Barat (Sulbar), Selasa (19/3/2019). Foto: SINDOnews/Asrianto Suardi

MAMUJU - Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Mufidah Jusuf Kalla, menghadiri pameran produk Dekranas Daerah Sulawesi Barat (Sulbar), Selasa (19/3/2019).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Hotel D'Maleo tersebut, Mufidah mengatakan industri kerajinan telah berkembang dengan di seluruh pelosok nusantara.

Bahan baku lokal banyak tersedia, seperti serat alam untuk anyaman tanah liat, untuk keramik, kayu, batuan, logam dan lain-lain.



Tetapi industri mikro dan kecil masih menghadapi kendala, terutama dalam hal permodalan pemasaran teknik produksi dan lain-lainnya.

Dengan adanya pameran tersebut, diharapkan bisa mendongkrak usaha pengrajin untuk lebih maju dan bisa bersaing diluar negeri.

”Oleh karena itu saya menyambut baik penyelenggaraan kegiatan Sinergi ini dalam upaya meningkatkan wawasan UMKM perajin agar lebih berdaya saing. Terkhusus di Sulbar,” kata Mufida.

Dekranas menurut Mufidah, telah melakukan berbagai program dan kegiatan dalam membina dan mengembangkan UKM kerajinan di seluruh wilayah nusantara.

Menurutnya, Dekranas selalu bersinergi dengan kementerian terkait dan Dekranasda, dalam melaksanakan kegiatan kegiatan pembinaan dan pengembangan UKM dan kerajinan.

"Perlu pembinaan dan pengembangan UMKM di Sulawesi Barat ini, mengingat banyak potensi yang dapat dikembangkan di Sulawesi Barat, seperti tenun kerajinan kayu dan lain-lain yang utama yang sudah terkenal itu, seperti sarung-sarung Mandar itu," pungkasnya.



(kem)

Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads