alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Badan Pertanahan Nasional Wajo Siap Bagikan 6000 Sertifikat Tanah

M Reza Pahlevi
Badan Pertanahan Nasional Wajo Siap Bagikan 6000 Sertifikat Tanah
Ilustrasi/SINDOnews

BULUKUMBA - Sebanyak 6.000 sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) siap diterbitkan Badan Pertanahan Nasional (BPN), Kabupaten Wajo, sepanjang tahun 2019 ini.

"Kita optimis akhir Desember 2019 sudah 100 persen selesai," ujar Kepala BPN Kabupaten Wajo, Sa'pang Allo kepada SINDOnews, Rabu (20/03/2019).

Menurut Sa'pang, program sertfikat tanah PTSL yang dikeluarkan Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional mendapat respon positif dari masyarakat. Tak ayal jumlah peminatnya pun cukup tinggi.



"Untuk di Kabupaten wajo di tahun 2019 penetapan lokasi percepatan pelaksanaan ini ada enam desa di lima kecamatan yakni, Desa Sappa dan Macero di Kecamatan Belawa, Desa Tellulimpoe Kecamatan Majauleng, Desa Wewangrewu Kecamatan Tanasitolo, Desa Patila Kecamatan Pammana dan Desa Arajang Kecamatan Gilireng," ungkapnya.

Sebelumnya tahun 2018 Kabupaten Wajo mendapat Kuota PTSL 4630 dan tahun 2019 naik menjadi 6000. Ia berharap di tahun 2020 Kabupaten Wajo bisa mendapatkan kouta PTSL lebih dari tahun sebelumnya.

"Kami juga belum bisa memastikan berapa kouta yang akan didapatkan di tahun 2020 terkait program PTSL, semua itu tergantung keputusan pusat," pungkasnya.

Sekadar diketahui, program pembuatan sertifikat PTSL merupakan program strategis nasional. Dalam program ini, kegiatan pelayanan yang dilakukan oleh Kantor Pertanahan tidak dibebani biaya alias Gratis. Hal ini dikarenakan untuk biaya pengukuran dan data yuridis sudah dibiayai APBN



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook