alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tingkatkan Kapasitas Air Bersih, PDAM Makassar Bangun Instalasi Baru

Syachrul Arsyad
Tingkatkan Kapasitas Air Bersih, PDAM Makassar Bangun Instalasi Baru
Pekerja menggali jaringan pipa Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Makassar di Jalan Perintis Kemerdekaan, baru baru ini.KORAN SINDO/MUCHTAMIR ZAIDE

MAKASSAR - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar bakal membangun instalasi pipa air baru di wilayah Kecamatan Tamalanrea-Biringkanaya. Untuk peningkatkan kapasitas layanan air bersih bagi masyarakat Kota Makassar.

Direktur Utama PDAM Kota Makassar, Haris Yasin Limpo menyebut, cakupan layanan air bersih sudah mencapai sekitar 78% di Kota Makassar. Tahun ini, kata dia, PDAM harap bisa mencapai di atas 80%.

Untuk mencapai target tersebut, PDAM bakal berinvestasi menambah layanan dengan membangun instalasi baru.



“Instalasi baru akan kita bangun di Tamalanrea-Biringkanaya. Ini untuk melayani wilayah di sekitarnya," tutur Haris saat acara coffee morning yang digelar Bagian Humas Pemkot Makassar di Cafe Iconik, Rabu, (20/03/2019).

Meski belum mau menyebut lokasi tepat pembangunannya, Haris mengaku tahun ini sudah mulai dibangun. Dengan nilai investasi pembangunannya mencapai kisaran Rp100 miliar.

Pembangunan instalasi air baru direncanakan rampung tahun 2020. Atau bisa beroperasi maksimal 2021 untuk pencapaian cakupan dan peningkatan pelayanan air bersih ke masyarakat.

“Cuma waktunya karena instalasi ini baru mau dibangun, masyarakat mesti bersabar karena butuh waktu dua tahun. Tapi tahun ini sudah dimulai," tambah dia.

Harus melanjutkan, pembangunan instalasi air baru ini bakal berefek pada penyetoran deviden ke Pemkot Makassar. Nilainya, diakui bakal berkurang Rp10 miliar tahun ini dari jumlah deviden yang disetor tahun lalu sekitar Rp30 miliar.

“Sampai saat ini PDAM dalam posisi laba mencapai Rp88 miliar. Kita setor deviden sekitar R30 miliar. Kita tahun ini ada sedikit berkurang karena kita mau investasi tahun ini," ujar Haris.

Namun demikian dia menegaskan, meski deviden berkurang bukan berarti mengurangi pendapatan atau laba PDAM Makassar.

“Dia (deviden) turun karena penambahan investasi 2019. Karena kan kita mau tingkatkan instalasi pipa. Jadi bukan karena pendapatan turun, tapi karena ada investasi," lanjutnya.

Selain itu, Haris menambahkan PDAM Makassar bakal meng-upgrade instalasi pipa air di wilayah Antang, Kecamatan Manggala. Dengan perbaharuan instalasi ini, dia mengklaim akan mampu melayani 3.000 pelanggan baru.

"Upgrading (instalasi pipa) kita tahun ini selesai khusus Antang. Kalau itu selesai bisa kita fungsikan air di sana. Kita berharap disana bisa sampai mencakup 3.000 pelanggan tahun ini khusus Antang," pungkasnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook