alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bolton Tegaskan AS Siapkan Gunakan Semua Opsi Gulingkan Maduro

Agus Nyomba
Bolton Tegaskan AS Siapkan Gunakan Semua Opsi Gulingkan Maduro
Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS), John Bolton. Foto: Istimewa

WASHINGTON - Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS), John Bolton menegaskan jika Amerika Serikat (AS) siap menggunakan semua opsi untuk menggulingkan Presiden Venezuela Nicolas Maduro

Ia menjelaskan Presiden AS Donald Trump tidak bercanda ketika dia mengatakan bisa menggunakan semua opsi untuk hal itu, untuk mendukung Presiden sementara Venezuela Juan Guaido.

“Presiden Trump sendiri sudah jelas mengenai hal ini pada sejumlah kesempatan ketika dia mengatakan semua opsi ada di meja. Saya pikir orang perlu memahami dan percaya itu; dia sangat serius tentang itu," kata Bolton yang dikutip di Russian Today, Jumat, (22/03/2019).



Meski demikian Bolton menolak untuk secara eksplisit mengkonfirmasi atau menyangkal apakah AS bersedia mempersenjatai oposisi atau sedang mempertimbangkan invasi habis-habisan terhadap negara itu.

Walau Bolton menekankan bahwa AS tidak memiliki tugas yang lebih tinggi secara internasional daripada melindungi hingga 50.000 orang Amerika yang tinggal di Venezuela dari kekerasan dan intimidasi.

Kekhawatiran yang sama untuk sekitar juga karena 800 mahasiswa Amerika di Fakultas Kedokteran Universitas St. George di Grenada yang dikelola AS digunakan sebagai alasan untuk menyerang negara pulau itu pada tahun 1983 untuk menggulingkan pemerintah sayap kiri negara itu. Surga tropis mungil ini terletak hanya 160 kilometer (99 mil) utara Venezuela.

Sekali lagi merujuk pada Doktrin Monroe yang terkenal buruk, Bolton pada dasarnya mengakui rencana AS untuk memaksakan hegemoni atas Venezuela, dan untuk mencegah Rusia dan Cina bahkan berusaha membantu Caracas mengatasi krisis ekonomi - yang dipertahankan oleh pemerintah sosialis disebabkan oleh sanksi AS dan Upaya global yang dipimpin Washington untuk mengisolasi negara itu secara finansial dan politik.

"Tujuan kami adalah untuk memastikan pengaruh asing ini tidak mengendalikan Venezuela dan mempengaruhi Amerika Serikat dan kepentingan kami di belahan bumi kita sendiri," katanya.

"Jadi kita berbicara di sini tentang merebut kendali dari otokrasi sosialis dan menjaga agar Doktrin Monroe tetap hidup di Belahan Barat untuk memiliki kekuatan di luar belahan bumi, tidak mendikte apa yang terjadi di sini," kata Bolton.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads