17 Amalan Ringan yang Memiliki Pahala Besar (2)

Minggu, 10 Mei 2020 - 11:05 WIB
loading...
17 Amalan Ringan yang Memiliki Pahala Besar (2)
Nabi shallallahu alahi wa sallam memerintahkan umatnya agar menghidupkan bulan Ramadhan dengan amal saleh. Foto/Ist
A A A
Untuk meraih keutamaan Ramadhan , ada baiknya kita mengerjakan amalan saleh meskipun sedikit namun berkesinambungan (istiqamah). Berikut lanjutan 17 amalan yang mudah dan ringan, namun memiliki pahala besar di sisi Allah berdasarkan Hadis Nabi . [Baca Juga: 40 Hadis Amalan Ringan Berpahala Besar (1)]

10). Salat Sunnah 2 Rakaat Sebelum Subuh.
Dari Ummul Mukminin 'Aisyah radhiyallahu 'anha, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Dua rakaat sebelum Subuh lebih baik dari pada dunia dan seisinya." (Shahih, HR. Muslim)

11). Membaca Shalawat Atas Nabi.
Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang membaca Shalawat untukku sekali, maka Allah akan memberikan shalawat kepadanya sepuluh kali." (Shahih, HR. Muslim)

Dalam riwayat lain: "Barangsiapa yang membaca shalawat untukku sekali, maka Allah akan memberikan shalawat kepadanya sepuluh kali, dihapuskan sepuluh kesalahan, dan diangkat sepuluh derajat." (Shahiih, HR. An-Nasaa'i)

12). Menjawab Adzan dan Membaca Doa Setelah Adzan.
Dari Jabir bin 'Abdillah, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang mendengarkan adzan kemudian dia membaca do'a: 'Allahumma Rabba hadzihid da'watittammah washshalatil qaa'imah, ati muhammadanil wasilata wal fadhilah wab'ats-hu maqamam mahmudanilladzi wa'adtahu (Ya Allah, Rabb pemilik panggilan yang sempurna dan shalat wajib yang ditegakkan, berikanlah kepada Muhammad wasilah dan fadhilah. Bangkitkanlah beliau ke tempat terpuji yang telah Engkau janjikan kepadanya). maka dia berhak mendapat syafaatku pada hari kiamat." (Shahih, HR. Al-Bukhari)

13). Membaca Dzikir Setiap Pagi dan Sore.
Di antara dzikir yang disyariatkan adalah membaca: "Subhanallah wa bihamdihi". Dari Abu Hurairah radhiyallaahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa di waktu pagi dan sore membaca: 'Subahanallah wa bihamdihi' seratus kali maka tidak ada seorang pun yang datang pada hari Kiamat dengan membawa pahala yang lebih baik dari pahala yang dia bawa, kecuali orang yang membaca seperti yang dia baca atau lebih banyak." (HR. Muslim)

14) Mengajak Orang Lain untuk Melakukan Kebaikan.
Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang mengajak kepada kebaikan maka dia mendapatkan pahala sebagaimana pahala orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun. Dan barangsiapa yang mengajak orang lain untuk melakukan kesesatan dan maksiat maka dia mendapat dosa sebagaimana dosa orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi dosa mereka sedikit pun." (Shahih, HR. Muslim)

15). Membaca Istighfar.
Dari 'Abdullah bin 'Abbas, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang rajin beristighfar maka Allah akan berikan jalan keluar setiap ada kesulitan, Allah berikan penyelesaian setiap mengalami masalah, dan Allah berikan rezeki yang tidak disangka-sangka." (Hasan Lighairihi, HR. Abu Dawud)

16). Puasa 3 Hari Setiap Bulan (Ayyamul Bidh).
Rasulullah SAW bersabda: "Puasa tiga hari setiap bulan, nilainya sama dengan puasa selama sepanjang tahun." (HR. Al-Bukhari, dan Muslim)

17). Membaca Ayat Kursi Ba'da Salat.
Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Siapa membaca ayat Kursi setiap selesai salat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian." (HR. An-Nasai)

Demikian 17 amalan ringan yang memiliki pahala besar. Selain amalan di atas masih banyak lagi amalan lainnya yang bernilai pahala besar. Semoga Allah memudahkan kita untuk bisa mengamalkannya. [ ]
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1898 seconds (0.1#10.140)