alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Terungkap Fakta! Perceraian Orangtua Bisa Menurun ke Anak

Sri S Syam
Terungkap Fakta! Perceraian Orangtua Bisa Menurun ke Anak
Ilustrasi/Istimewa

MAKASSAR - Fakta baru tentang perceraian ditemukan baru-baru ini. Fakta mencegangkan itu menyebutkan jika perceraian bisa disebabkan oleh keturunan atau genetik.

Para peneliti di Virginia Commonwealth University dan Lund University di Swedia menemukan jika anak-anak yang hidup dan tinggal di keluarga yang bercerai akan lebih rentan bercerai saat ia dewasa dan membina rumah tangga kelak. Perceraian ini terjadi karena rendahnya rasa percaya anak pada komitmen, pasangan maupun pernikahan.

Penelitian menemukan jika anak perempuan dari orangtua yang bercerai memiliki risiko bercerai 60 persen lebih besar dibandingkan anak perempuan dari orangtua utuh atau tidak bercerai. Untuk anak laki-laki sendiri, risiko bercerai yakni sebesar 35 persen.



Dr. Jessica Salvatore, seorang asisten profesor psikologi di Virginia Commonwealth University mengatakan jika anak dari orangtua bercerai memiliki komitmen cukup lemah saat menjalin hubungan asmara.

Anak-anak ini juga cenderung memiliki trauma pada pernikahan. Melansir dari laman huffingtonpost.com, anak yang lahir di keluarga bercerai akan sangat mungkin memilih bercerai ketika ia menikah dan mengalami masalah dengan pasangan.

Meski begitu, tidak semua anak dari orangtua bercerai akan memilih bercerai saat mengalami masalah di pernikahannya. Beberapa anak korban perceraian justru semakin kuat dan tangguh mempertahankan pernikahannya meski masalah menerjang. Beberapa anak korban perceraian juga memiliki kesetian dan komitmen yang lebih mengesankan dibandingkan dengan anak-anak lainnya.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook