TOPIK TERPOPULER

Pelindo IV Cabang Manado Komitmen Tingkatkan Pelayanan

Suwarny Dammar
Pelindo IV Cabang Manado Komitmen Tingkatkan Pelayanan
PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Manado berkomitmen meningkatkan pelayanan seiring kenaikan tarif pass masuk. Foto: Istimewa

MAKASSAR - PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Manado berkomitmen meningkatkan pelayanan seiring kenaikan tarif pass masuk pelabuhan yang resmi diberlakukan mulai tanggal 1 November 2020.

General Manager (GM) Pelindo IV Cabang Manado, Rudi Lontaan mengatakan, kenaikan tarif pass masuk pelabuhan adalah dalam rangka berbenah dan ingin menjadikan pelayanan di Pelabuhan Manado layaknya di bandar udara.



“Jadi kami akan menyediakan televisi di ruang tunggu terminal penumpang yang akan menampilkan jadwal kedatangan dan keberangkatan kapal, sehingga penumpang tidak lagi repot bertanya,” bebernya.

Selain menempatkan televisi, di terminal penumpang juga bakal dilengkapi dengan ruang informasi untuk penumpang yang membutuhkan informasi terkait kapal dan lain sebagainya.

“Kami juga akan memasang videotron di depan gate atau pintu masuk pelabuhan, untuk lebih memudahkan lagi para penumpang memperoleh kabar atau berita terkait kunjungan kapal, baik kedatangan maupun keberangkatannya,” terang Rudi.

Baca Juga: Pelindo IV Beri Bantuan 500 Pohon Tabebuya dan Motor Sampah di Tondano

Dia mengakui, sedikit terjadi gejolak saat pihaknya menaikkan tarif pass masuk pelabuhan. Namun hal itu sudah dijelaskan kepada semua pihak, bahwa kenaikan tersebut akan seiring dengan peningkatan pelayanan yang ada.



“Kami akan membuat pelayanan di Pelabuhan Manado lebih baik dari sebelumnya, sehingga penumpang merasa lebih aman dan nyaman," kata Rudi.

Saat ini, lanjut dia, kapasitas terminal penumpang di Pelabuhan Manado bisa menampung sebanyak 150 orang. Adapun jumlah debarkasi atau penumpang yang turun dan embarkasi atau penumpang yang berangkat setiap hari mencapai 1.000 orang.

“Semuanya berasal dari 4 hingga 5 kapal yang setiap hari sandar di dermaga Pelabuhan Manado. Rata-rata kapal yang masuk berasal dari Sanger Talaud, Tahuna dan Ternate, yaitu kapal-kapal antar pulau sekitar Manado,” jelas Rudi.

Dia menuturkan, selama ini pendapatan Pelindo IV Cabang Manado fokus pada pass masuk pelabuhan, serta sharing hasil pemanduan luar biasa yang dilakukan di Labuan Uki dan Amurang bekerja sama dengan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) setempat.

Baca Juga: Pelindo IV Hadirkan MNP untuk Integrasi Hub di KTI



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!